Baru 19 Tahun, Imla Rosyidi Berangkat Haji Gantikan Almarhum Ayah

Senin , 06 Jun 2022, 14:28 WIB Reporter :Achmad Syalabi Ichsan/ Redaktur : Muhammad Hafil
Imla Rosyidi (kiri) menjadi salah satu jamaah haji RI termuda dengan usia 19 tahun. Bersama ibunya, Lilis Laila Sari, Imla sedang berkeliling Masjid Nabawi di Madinah, Ahad (5/6).
Imla Rosyidi (kiri) menjadi salah satu jamaah haji RI termuda dengan usia 19 tahun. Bersama ibunya, Lilis Laila Sari, Imla sedang berkeliling Masjid Nabawi di Madinah, Ahad (5/6).

IHRAM.CO.ID, Oleh Achmad Syalabi Ichsan / Wartawan Republika dari Madinah, Arab Saudi

 

Terkait

Imla Rosyidi menjadi salah satu jamaah haji Indonesia termuda yang berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini. Jamaah asal Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) ini baru berusia 19 tahun saat menginjakkan kaki di Tanah Haram.

Baca Juga

Remaja yang lahir pada 30 April 2003 ini menggantikan almarhum ayahnya, Ahmad Imron Rosyidi, yang meninggal dunia akibat serangan jantung pada tahun lalu. Sedianya, almarhum Imron bersama istri Lilis Laila Sari (45 tahun) berangkat ke Tanah Suci pada 2020. Pandemi membuat rencana orang tua Imla buyar. Pada masa penungguan, Sang Khalik pun memanggil ayahnya pada Februari 2021.

Perasaan mahasiswa yang tercatat kuliah di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Jogjakarta ini pun bercampur aduk antara senang dan sedih. Imla bahagia bisa sampai di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. Di sisi lain, dia juga sedih karena tak ada lagi ayah di sisinya sebagai kepala keluarga. "Perasaannya senang sekaligus sedih,"ujar Imla yang ditemui tim MCH di pelataran Masjid Nabawi, Madinah, Ahad (5/6/2022).

Beruntung, Imla masih memiliki ibunya, Lilis Laila Sari yang kerap menemaninya. Sejak proses pemberangkatan haji di asrama, Lilis membantu semua perlengkapan dan keperluan Imla selama di Tanah Suci. "Semua sudah dibantu sejak di asrama,"jelas Lilis.

Menurut Lilis, dia mendaftar haji bersama suaminya pada 2011 dengan menyetor uang masing-masing senilai Rp 25 juta. Lilis pun melunasi setoran haji bersama Imla senilai Rp 34 juta.

Bersama Imla, Lilis mengungkapkan akan berdoa untuk almarhum suaminya agar mendapat tempat terbaik di surga. Terlebih, banyak tempat mustajab (dikabulkannya doa) baik di Makkah maupun Madinah.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini