Selasa 14 Jun 2022 05:10 WIB

Biden Pesan Jutaan Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia di Bawah 5 Tahun

Sekitar 20 juta anak di bawah lima tahun akan memenuhi syarat vaksinasi Covid-19.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Biden Pesan Jutaan Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia di Bawah 5 Tahun
Foto: www.freepik.com.
Biden Pesan Jutaan Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia di Bawah 5 Tahun

IHRAM.CO.ID, NEW YORK -- Pemerintahan Presiden AS Joe Biden memesan jutaan vaksin Covid-19 untuk anak-anak berusia lima tahun ke bawah untuk mengantisipasi kemungkinan otorisasi federal minggu depan. Pernyataan ini dikeluarkan langsung oleh Gedung Putih pada Kamis (9/6/2022) lalu.

"Hari ini, pemerintahan Biden mengumumkan rencana operasional yang akan memastikan bahwa vaksin untuk anak-anak sudah tersedia dan kami melanjutkan pekerjaan kritis untuk memastikan semua keluarga mengetahui manfaat memvaksinasi anak-anak terhadap Covid-19 ," kata Gedung Putih.

Baca Juga

Gedung Putih mengatakan otorisasi FDA untuk vaksinasi Covid-19 untuk kelompok usia akan menjadi tonggak bersejarah dalam upaya negara memerangi virus. Sepuluh juta dosis telah tersedia untuk pra-pesanan dan administrasi akan segera mengirimkannya jika FDA mengizinkan vaksin. “Setengah dari dosis itu adalah Pfizer dan setengah lainnya Moderna,” kata seorang pejabat senior administrasi dilansir dari The National News, Sabtu (11/6/2022).

Sekitar 1,45 juta dari 2,5 juta dosis Pfizer yang tersedia telah dipesan dan sekitar 850 ribu suntikan Moderna juga telah dipesan. Dia berharap, akan ada lebih banyak pesanan lagi dalam beberapa hari mendatang.

Anak-anak di bawah usia lima tahun adalah kelompok terakhir bagi masyarakat Amerika yang belum direkomendasikan untuk menerima vaksinasi Covid-19. Sekitar 20 juta anak kecil akan memenuhi syarat untuk vaksinasi jika pemerintah mengizinkan satu atau kedua suntikan.

Gedung Putih mengatakan 85 persen anak-anak yang memenuhi syarat akan berada dalam jarak delapan kilometer dari lokasi vaksinasi potensial. Tetapi belum diketahui pasti bagaimana respons orang tua dalam menanggapi suntikan itu. Karena menurut survei baru-baru ini menunjukkan hanya satu dari lima orang tua yang memiliki anak kecil yang akan segera memvaksinasi anak-anak mereka.

Jangankan anak dibawah usia 5 tahun, anak-anak dengan usia 5 tahun hingga 11 tahun pun masih banyak yang belum mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Hal ini diungkapkan oleh pejabat kesehatan masyarakat.

Seorang pejabat kesehatan masyarakat kecewa atas berapa banyak anak-anak AS yang lebih tua, yang telah memenuhi syarat untuk disuntik tetapi selama berbulan-bulan belum memutuskan untuk vaksinasi. Kurang dari sepertiga anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun telah menerima dua dosis yang direkomendasikan.

Pfizer telah meminta FDA untuk mengizinkan tiga dosis vaksin Covid-19 untuk anak-anak usia 6 bulan hingga 4 tahun. Setiap dosis adalah sepersepuluh dari jumlah yang diterima orang dewasa.

Moderna telah meminta FDA untuk mengizinkan dua suntikan untuk anak-anak berusia enam bulan hingga 5 tahun, masing-masing berisi seperempat dari dosis yang diberikan kepada orang dewasa.

Vaksinasi dapat dimulai dengan sungguh-sungguh pada 21 Juni, koordinator Covid-19 Gedung Putih Ashish Jha mengatakan kepada wartawan pekan lalu.

https://www.thenationalnews.com/world/us-news/2022/06/09/biden-administration-orders-millions-of-covid-19-vaccines-for-children-aged-under-5/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement