Kamis 16 Jun 2022 09:16 WIB

Jamaah Haji Indonesia Nikmati Fasilitas Hotel Bintang Lima di Makkah

Jamaah haji Indonesia akan menempati 40 hotel pada lima sektor di Makkah.

Koper-koper jamaah asal Kloter Solo (SOC) 1 di Hotel Tabah Tower Madinah, siap untuk diangkut ke Makkah pada Ahad (12/6) dengan bus. Mereka akan mengambil miqat di Bir Ali, Madinah, untuk kemudian melaksanakan umrah wajib di Masjidil Haram. Jamaah Haji Indonesia Nikmati Fasilitas Hotel Bintang Lima di Makkah
Foto: dok. Tim MCH
Koper-koper jamaah asal Kloter Solo (SOC) 1 di Hotel Tabah Tower Madinah, siap untuk diangkut ke Makkah pada Ahad (12/6) dengan bus. Mereka akan mengambil miqat di Bir Ali, Madinah, untuk kemudian melaksanakan umrah wajib di Masjidil Haram. Jamaah Haji Indonesia Nikmati Fasilitas Hotel Bintang Lima di Makkah

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Calon jamaah haji Indonesia disediakan akomodasi layanan hotel standar bintang lima di Makkah, Arab Saudi pada musim haji 1443 H/2022 M. "Kami sediakan standar bintang lima, jamaah akan menikmati kamar dengan kapasitas yang sudah kita tetapkan dengan standar kenyamanan, keselamatan dan kesehatan yang sudah menjadi pedoman penyediaan akomodasi di Makkah," kata Kepala Seksi akomodasi Daerah Kerja (Daker) Makkah Ali Machzumi, Rabu (15/6/2022).

Berbagai fasilitas yang disiapkan seperti tempat tidur, handuk, peralatan mandi, kulkas dan juga disiapkan air minum. Setiap kamar juga dilengkapi dengan pendingin ruangan yang sangat sejuk.

Baca Juga

Selain itu, jamaah juga disediakan mesin cuci dan area jemur. Namun, tidak semua hotel menyiapkan teko pemanas air karena khawatir akan menyebabkan kebakaran.

Ia juga berpesan kepada jamaah jika ada kebutuhan yang belum terpenuhi bisa disampaikan ke petugas haji Indonesia yang akan senantiasa memberi pelayanan dan cepat jika memang ada yang belum terpenuhi. "Kunjungan kami ke kamar jamaah alhamdulillah semua sudah merasa nyaman. Kami akan senantiasa memberikan pelayanan dari segi akomodasi untuk lima sektor yang semuanya standar bintang lima," tambah Ali yang sebelumnya melakukan sidak ke sejumlah kamar jamaah di hotel Al Kiswah di sektor 4 Jarwal.

 

Hal yang perlu diperhatikan jamaah adalah menjaga kebersihan karena dalam kondisi pandemi saat ini penting untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan masing-masing. Kepala Sektor 4 Jarwal, Ahmad Ridani mengatakan sampai saat ini jamaah secara umum merasa puas dengan akomodasi yang disediakan.

Untuk memberikan layanan yang terbaik bagi jamaah, sektor 4 membentuk tim yang masing-masing bertanggung jawab pada hotel jamaah terkait akomodasi, katering, dan layanan umum yang akan melayani jamaah 24 jam. "Alhamdulillah jamaah merasa terbantu dan setiap keluhan jamaah kita tindak lanjuti dan kami mendata masalah-masalah yang mana yang segera bisa diselesaikan, dan mana yang perlu ditindaklanjuti ke atas," katanya.

Jamaah haji Indonesia akan menempati 40 hotel pada lima sektor di Makkah, yang tersebar di lima sektor yaitu, sektor 1 Mahbas Jin sebanyak enam hotel yaitu Swis Bel Hotel, Arkan Bakkah 1, Arkan Bakkah 2, Dar Ummul Qura Golden, Safwat Al Bait 1, Bab Al Multazam yang akan ditempati oleh jamaah embarkasi Surabaya (SUB) dan Lombok (LOP).

Di sektor 2 Syisyah sebanyak 12 hotel, yaitu Tharawat Al Taqwa, Snood Al Jawharah, Shafa Al Murjan, Ya'kub Bek Al Quqandi, Surra Man Ro'a, Al Khulafaa Hotel 2, Sultam Hotel, Al Khulafaa Hotel 3, Basharahil Plaza, Imarah Ubaidillah, Maheil Hotel,Faishal Al Qurashi yang ditempati oleh jamaah dari embarkasi Batam (BTH) dan Ujung Pandang (UPG).

Di sektor 3 Raudhah sebanyak enam hotel yaitu Al Lu'luah Hotel, Retaj Al Rayyan, Tharawat Al Rawda 2, Safwat Al Shroq, Winar Hotel, As Saqreya Tower ditempati jamaah Embarkasi Aceh (BTJ), Embarkasi Jakarta (JKG), Embarkasi Palembang (PLM) dan Embarkasi Medan (KNO). Pada sektor 4 Jarwal sebanyak dua hotel, yaitu Al Kiswah Tower dan Al Faiha Palace ditempati jamaah asal Embarkasi SOC), Embarkasi Padang (PDG), Embarkasi Banjarmasin (BDJ), dan Embarkasi Balikpapan (BPN).

Serta sektor 5 Misfalah sebanyak 14 hotel yaitu Mayar Muyassar, Malak Al Safwa, Manazil Al Hour 2, Rose Garden, Rizq Palace, Abeer Al Fadila, Al Khalil Hotel, Tharawat Al Khalil,bMakrem Diyafah Al Bait, Su'ad Palace, Dar Hasan, Durat Rahaf, Durat Asma', Tharawat Al Misfalah ditempati jamaah asal Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement