510 Jamaah Haji Nigeria Berangkat ke Makkah

Sabtu , 18 Jun 2022, 13:13 WIB Reporter :Fuji E Permana/ Redaktur : Ani Nursalikah
Ilustrasi Jamaah Haji Nigeria. Jamaah Haji Nigeria Berangkat ke Makkah
Ilustrasi Jamaah Haji Nigeria. Jamaah Haji Nigeria Berangkat ke Makkah

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- Gelombang pertama dari 510 jamaah haji asal Borno, Nigeria berangkat dari Madinah ke Makkah untuk memulai ritual haji utama, Jumat (18/6/2022). Kantor Berita Nigeria NAN melaporkan jamaah haji akan diangkut dengan bus mewah sesuai dengan protokol Covid-19.

 

Terkait

Dilansir di The Guardian, Sabtu (18/6/2022), seorang pejabat di pusat kendali Madinah mengatakan kepada NAN bahwa para peziarah akan memulai ritual Makkah dari Miqat Hulifa. Hulifa berjarak sekitar sembilan kilometer dari Madinah dan sekitar 450 kilometer dari Makkah. Ini adalah miqat bagi orang-orang yang datang dari Madinah.

Baca Juga

Miqat adalah batas utama di mana jamaah haji yang ingin melakukan haji atau umroh harus memasuki keadaan ihram. Ihram adalah keadaan suci di mana aktivitas tertentu yang diizinkan menjadi dilarang. 

Jamaah haji akan mandi dan mengenakan dua pakaian putih oleh pria atau warna lain oleh wanita, menandakan keadaan kemurnian, jamaah haji melanjutkan ke Makkah untuk melakukan haji kecil (umroh). Proses umroh melibatkan mengelilingi Ka'bah di dalam Masjidil Haram tujuh kali dan melakukan tujuh putaran sa'i Safa dan Marwa.

Ritual sa'i mengikuti proses yang dilakukan Hajar, ibunda Nabi Ismail, dalam mencari air untuk anaknya di lokasi tersebut. Setelah ini, jamaah haji akan menunggu haji lima hari. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini