Sabtu 18 Jun 2022 13:13 WIB

510 Jamaah Haji Nigeria Berangkat ke Makkah

Jamaah haji Nigeria akan memulai ritual Makkah dari Miqat Hulifa.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Jamaah Haji Nigeria. Jamaah Haji Nigeria Berangkat ke Makkah
Foto: MGROL100
Ilustrasi Jamaah Haji Nigeria. Jamaah Haji Nigeria Berangkat ke Makkah

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- Gelombang pertama dari 510 jamaah haji asal Borno, Nigeria berangkat dari Madinah ke Makkah untuk memulai ritual haji utama, Jumat (18/6/2022). Kantor Berita Nigeria NAN melaporkan jamaah haji akan diangkut dengan bus mewah sesuai dengan protokol Covid-19.

Dilansir di The Guardian, Sabtu (18/6/2022), seorang pejabat di pusat kendali Madinah mengatakan kepada NAN bahwa para peziarah akan memulai ritual Makkah dari Miqat Hulifa. Hulifa berjarak sekitar sembilan kilometer dari Madinah dan sekitar 450 kilometer dari Makkah. Ini adalah miqat bagi orang-orang yang datang dari Madinah.

Baca Juga

Miqat adalah batas utama di mana jamaah haji yang ingin melakukan haji atau umroh harus memasuki keadaan ihram. Ihram adalah keadaan suci di mana aktivitas tertentu yang diizinkan menjadi dilarang. 

Jamaah haji akan mandi dan mengenakan dua pakaian putih oleh pria atau warna lain oleh wanita, menandakan keadaan kemurnian, jamaah haji melanjutkan ke Makkah untuk melakukan haji kecil (umroh). Proses umroh melibatkan mengelilingi Ka'bah di dalam Masjidil Haram tujuh kali dan melakukan tujuh putaran sa'i Safa dan Marwa.

Ritual sa'i mengikuti proses yang dilakukan Hajar, ibunda Nabi Ismail, dalam mencari air untuk anaknya di lokasi tersebut. Setelah ini, jamaah haji akan menunggu haji lima hari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement