Ahad 19 Jun 2022 05:39 WIB

Apa Kata Alquran tentang Berkah Perjalanan Haji?

Hanya mereka yang benar-benar berhaji dapat merasakan berkah sesungguhnya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi. Jamaah haji tengah memanjatkan doa di Jabal Rahmah, saat menunaikan ibadah wukuf di padang Arafah. Apa Kata Alquran tentang Berkah Perjalanan Haji?
Foto:

Dampak Haji

Sekarang mudah untuk melihat selama dua atau tiga bulan, dari saat memutuskan dan mempersiapkan haji hingga saat kembali ke rumah, dampak yang luar biasa dibuat di hati dan pikiran para peziarah. Proses ini memerlukan pengorbanan waktu, pengorbanan uang, pengorbanan kenyamanan, dan pengorbanan banyak keinginan dan kesenangan fisik. Semua ini didedikasikan untuk Allah, tanpa motif duniawi atau egois.

Bersama dengan kehidupan kesalehan dan kebajikan yang berkelanjutan, dzikir terus-menerus kepada Allah dan kerinduan dan cinta kepada-Nya meninggalkan bekas di hati peziarah yang berlangsung selama bertahun-tahun.

Pengorbanan, Keberanian dan Tekad

Peziarah menyaksikan di setiap langkah jejak yang ditinggalkan oleh orang-orang yang mengorbankan semua milik mereka dalam kepatuhan dan ketaatan kepada Allah. Mereka berperang melawan seluruh dunia, menderita kesulitan dan siksaan, dikutuk untuk dibuang, tetapi pada akhirnya membuat firman Allah menjadi yang tertinggi dan menaklukkan kekuatan palsu yang ingin manusia tunduk pada entitas selain Allah.

Pelajaran tentang keberanian dan tekad, dorongan untuk berjuang di jalan Allah, yang dapat diambil oleh seorang penyembah Allah dari tanda-tanda yang jelas dan contoh-contoh yang menginspirasi ini, hampir tidak dapat diperoleh dari sumber lain mana pun.

Keterikatan yang berkembang dengan titik fokus agama ini dengan berjalan mengelilingi Kabah (Tawaf), dan pelatihan yang diterima untuk menjalani kehidupan seorang mujahid melalui ritual haji (seperti berlari dari satu tempat ke tempat lain dan keberangkatan dan pemberhentian yang berulang) adalah berkah yang besar.

Dikombinasikan dengan sholat, puasa dan zakat, dan dilihat secara keseluruhan, Anda akan melihat haji merupakan persiapan untuk tugas besar, yang Islam ingin umat Islam lakukan. Inilah sebabnya mengapa telah menjadi wajib bagi semua yang memiliki uang dan kebugaran fisik untuk perjalanan ke Kabah. Ini memastikan di setiap zaman, ada Muslim yang telah melewati pelatihan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement