Ahad 19 Jun 2022 10:24 WIB

P3JH Bantu Jamaah Kaki Melepuh dengan Air Zamzam dan Salep Luka Bakar

Jamaah diketahui lemas dan kesakitan

P3JH Bantu Jamaah Kaki Melepuh dengan Air Zamzam dan Salep Luka Bakar, Foto: Jamaah kaki melepuh
Foto: Dok MCH
P3JH Bantu Jamaah Kaki Melepuh dengan Air Zamzam dan Salep Luka Bakar, Foto: Jamaah kaki melepuh

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Tim Pertolongan Pertama Pada Jamaah Haji (P3JH) PPIH Arab Saudi menemukan seorang jamaah perempuan asal Banda Aceh tergeletak di halaman Masjid Nabawi, Madinah, Sabtu (18/6). Jamaah tersebut diketahui lemas dan kesakitan akibat tidak mengenakan sandal. Jamaah tersebut pun mendapat pertolongan pertama dengan diberikan air zamzam dan salep luka bakar. 

Petugas dokter P3JH sigap mengangkat jamaah tersebut dan mendudukkannya di kursi roda. Dr Fachrurozy Basalamah menjelaskan, telapak kaki jamaah tersebut terlihat melepuh dan kemerahan. Jamaah pun mengeluh kesakitan. Menurut dia, jamaah mengalami luka bakar derajat dua. Luka level tersebut merupakan luka bakar tingkat sedang yang terjadi pada lapisan kulit lebih dalam dari epidermis.

"Ditandai dengan kulit memerah, terasa sangat perih, terutama ketika disentuh, muncul lepuhan beberapa jam setelahnya, dan luka terasa sensitif dan menjadi pucat bila ditekan,"jelas dia lewat keterangan tertulis kepada Tim MCH, Sabtu (18/6).

Dr Fachrurozy segera melakukan penanganan awal dengan menyiramkan area luka dengan air dingin dan air zamzam serta mengoleskan salep luka bakar serta dibalut kasa. Dia menjelaskan, meski luka bakar derajat dua tidak membutuhkan operasi maupun bedah namun tetap harus mendapat penanganan.

"Diperhatikan dengan serius agar luka tidak semakin parah dan jamaah dapat melanjutkan aktivitasnya,"ujar dia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement