Rabu 22 Jun 2022 10:16 WIB

Jamaah Haji Aceh Terima Wakaf Baitul Asyi Sebesar Rp 6 Juta

Jamaah menerima dana wakaf setelah dua hari di Makkah.

AsedtWakaf Habib Bugak Asyi (Wakaf Baitul Asyi di Makkah). Jamaah Haji Aceh Terima Wakaf Baitul Asyi Sebesar Rp 6 Juta
Foto: Dok Istimewa
AsedtWakaf Habib Bugak Asyi (Wakaf Baitul Asyi di Makkah). Jamaah Haji Aceh Terima Wakaf Baitul Asyi Sebesar Rp 6 Juta

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Jamaah haji dari Embarkasi Aceh (BTJ) menerima wakaf Baitul Asyi sebesar 1.500 Riyal atau setara Rp 6 juta.

"Uang ini tolong dimanfaatkan dengan baik," kata Pembina Yayasan Wakaf Baitul Asyi Jamaluddin Affan di Hotel Shoqreyah, Raudah, Makkah, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga

Sebanyak 2.022 jamaah asal Aceh mendapatkan wakaf tersebut secara tunai yang diberikan langsung oleh Nazir (penyalur nazar wakaf) Syaikh Abdul Latif Baltou. Jamaah menerima dana wakaf saat tiba di penginapan masing-masing, setelah dua hari berada di Makkah.

Wakaf itu diserahkan langsung oleh pengurus wakaf. Dana diterima langsung jamaah haji sebagai penerima tanpa boleh diwakili orang lain. 

Wakaf Baitul Asyi merupakan wakaf Habib Bugak Asyi yang sekarang disebut wakaf Baitul Asyi atau wakaf rumah Aceh. Wakaf yang usianya sudah 200 tahun lebih ini dulunya merupakan wakaf kecil.

Namun, seiring waktu, wakaf ini terus berkembang menjadi wakaf produktif, yakni berupa tanah, penginapan, dan unit usaha lain di Makkah, bahkan ada di sekitaran Masjidil Haram.

Wakaf tersebut selalu diberikan kepada setiap jamaah haji asal Aceh ketika menunaikan ibadah haji. Jamaah asal Aceh Barat, Ledian Mart (54 tahun) mengaku sangat bahagia bisa ke Tanah Suci dan mendapatkan wakaf Baitul Asyi.

"Saya sudah diberi tahu wakaf ini. Ini rezeki yang tidak disangka-sangka. Nantinya akan saya manfaatkan untuk bersedekah," kata Ledian.

Begitu juga dengan Ena Herisna asal Aceh Barat juga mengaku akan memanfaatkan uang wakaf tersebut untuk membayar dam dan berqurban. "Alhamdulillah, saya bersyukur ada orang Aceh yang seperti ini, saya bangga," ujar Ena.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement