Kamis 23 Jun 2022 05:15 WIB

Jabal Magnet, Fenomena Alam yang Bikin Penasaraan Jamaah Haji

Jabal Magnet destinasi populer di kalangan jamaah Indonesia.

Sejumlah jamaah mencoba menikmati sensasi di Jabal Magnet, Madinah. Jabal Magnet, Fenomena Alam yang Bikin Penasaraan Jamaah Haji
Foto:

Bus kami lalu disambut lampu berwarna merah. Tanda jika efek magnet sudah bisa terasa. Herman, sopir bus, berkenan untuk menjajal fenomena alam tersebut. Dia lantas menetralkan mesin kendaraan. Tiba-tiba bus berjalan mundur meski jalan terbilang agak turun. 

Hanya saja, Herman tak bisa berlama-lama dengan atraksinya. Dia pun memasukkan giginya kembali untuk meneruskan perjalanan. “Kalau waktu normal itu sebenarnya dipagar karena daerah ini sudah menimbulkan banyak kecelakaan,” ujar Salim. 

Sesudah merasakan fenomena alam tersebut, bus-bus jamaah kembali meneruskan perjalanan sampai habisnya jalan beraspal. Tampak jelas kemewahan pemandangan gunung batu di tengah gurun.

Urat-uratnya terukir jelas membentuk pahatan yang indah. Cokelat warnanya berpadu padan dengan langit biru yang sungguh rupawan. Di dalam hati, saya bergumam, “Nikmat mana lagi yang kau dustakan?”  

Turun dari bus, kami disambut oleh empat unta gurun yang mulutnya sudah dibungkus kain. Tanpa aba-aba, jamaah menghampiri unta-unta itu sambil berfoto.

Mereka lantas menunggang unta. Ada yang sendirian, ada pula yang berpasangan dengan istrinya.

Setelah puas menonton, saya pun menghampiri salah seorang penjual jasa tunggang unta. Abdurrahman namanya. "Naik-naik. Sepuluh riyal," kata dia. Saya pun ikut menikmati sensasi menunggang unta yang berjalan meski hanya seputaran. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement