Spanyol Mulai Ekspor Gas Alam ke Maroko

Kamis , 30 Jun 2022, 03:01 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Pipa Gas (ilustrasi)
Pipa Gas (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Gas alam telah mulai mengalir dari Spanyol menuju Maroko melalui pipa yang berhenti beroperasi pada November di tengah pertikaian diplomatik antara Maroko dan Aljazair.Hal tersebut ditunjukkan oleh data dari operator jaringan gas Spanyol Enagas pada Rabu (29/6/2022).

 

Terkait

Pada tahun lalu, Aljazair memutuskan untuk tidak memperpanjang kesepakatan ekspor gas melalui pipa yang mengalir melalui negara tetangga Maroko ke Spanyol, menghentikan hampir semua pasokan gas Maroko, karena hubungan antara Rabat dan Aljir yang memburuk.

Baca Juga

Pada April, Aljazair memperingatkan Madrid untuk tidak mengekspor kembali pasokan gas Aljazair ke tetangga di selatannya itu, setelah menteri energi Teresa Ribera mengonfirmasi rencana untuk membalikkan aliran pipa Maghreb Eropa dan memulai ekspor gas alam ke Maroko.

"Proses sertifikasi menjamin bahwa gas ini bukan berasal dari Aljazair," kata juru bicara Enagas, Rabu (29/6/2022).

Pada Maret, Spanyol membuat marah pemasok gas utamanya Aljazair dengan mendukung rencana Maroko untuk menawarkan otonomi ke Sahara Barat.Hal itu mendorong Aljir untuk menangguhkan perjanjian persahabatan 20 tahun dengan Madrid dan menyebabkan krisis diplomatik.

Pergeseran itu diterima dengan baik di Rabat ketika Maroko memutuskan untuk mengembalikan duta besarnya ke Spanyol setelah hampir satu tahun absen menyusul perselisihan diplomatik yang panjang.

Sumber: Reuters

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini