Pakistan: Saudi Beri Layanan Berkualitas Bagi Jamaah Haji

Ahad , 03 Jul 2022, 18:41 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Rombongan kloter pertama jamaah haji Pakistan rute Makkah mendarat di Jeddah, Arab Saudi. Rombongan pertama ini mendapat manfaat dari Inisiatif Rute Makkah dan tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAIA), Kamis (16/6/2022).
Rombongan kloter pertama jamaah haji Pakistan rute Makkah mendarat di Jeddah, Arab Saudi. Rombongan pertama ini mendapat manfaat dari Inisiatif Rute Makkah dan tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAIA), Kamis (16/6/2022).

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Direktur Jenderal Haji Pakistan, Abrar Ahmad Mirza, menyampaikan pemerintah Saudi telah meningkatkan layanan di Mina, Arafat dan Muzdalifah untuk memfasilitasi jamaah haji pada tahun ini. Dia mengatakan, Pakistan telah mengatur sedemikian rupa untuk pelayanan haji jamaah dari negara tersebut.

 

Terkait

"Misi Haji Pakistan telah membuat pengaturan untuk membawa calon jamaah haji dari Pakistan ke Mina, Muzdalifah dan Arafat, dan melatih mereka untuk pelaksanaan ibadah haji," kata dia seperti dilansir laman resmi radio pemerintah Pakistan, Ahad (3/7/2022).

Baca Juga

Direktur Haji Abrar menambahkan, bangunan tempat tinggal kategori A telah diperoleh sebagai tempat tinggal jamaah haji Pakistan di dekat Masjidil Haram. Bangunan tempat tinggal di dekat Masjidil Haram di Makkah dan Madinah itu diperoleh setelah rentang waktu 11 tahun.

Dia pun mengapresiasi hal tersebut karena ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Mengenai proyek Road to Makkah, Abrar Ahmad Mirza mengatakan pihak berwenang Saudi telah mengunjungi bandara Karachi dan Lahore untuk memasukkan ini ke dalam proyek.

Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi telah merilis bahwa ada sebanyak 358.645 jamaah haji dari berbagai negara yang telah tiba di Madinah. Mereka sampai melalui berbagai jalur perjalanan, mulai dari udara hingga darat untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

Data menunjukkan, kedatangan dan keberangkatan jamaah haji di Madinah, yang dikeluarkan Kementerian Haji dan Umrah, menunjukkan bahwa 289.955 jamaah telah tiba melalui Bandara Internasional Pangeran Mohammed bin Abdulaziz di Madinah sejak menerima penerbangan haji pertama. Sementara pusat imigrasi darat menerima 50.490 jamaah haji yang  datang melalui perlintasan perbatasan darat.

Statistik tersebut juga mengungkapkan kewarganegaraan peziarah yang telah sampai di Madinah. Jamaah haji Bangladesh adalah penduduk teratas Madinah dengan 12.171, diikuti oleh Pakistan dengan 9.350, India dengan 6.401, Iran dengan 5.028, dan Nigeria dengan 5.135.

Statistik menunjukkan bahwa 277.571 peziarah meninggalkan Madinah selama beberapa hari terakhir dalam perjalanan mereka ke Tempat Suci di Makkah, sementara jumlah peziarah yang tersisa di Madinah pada Jumat berjumlah 80.772.

Sumber: https://www.radio.gov.pk/02-07-2022/saudi-govt-providing-quality-services-to-pilgrims-dg-hajj

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini