Arab Saudi Kerahkan 11 Robot Pintar Sterilkan Masjidil Haram

Senin , 04 Jul 2022, 16:03 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Ani Nursalikah
Sterilisasi Masjidil Haram Gunakan Robot Pintar. Robot ini bekerja dengan sistem otomasi Pemetaan dan Lokalisasi Simultan (SLAM) beresolusi tinggi. Arab Saudi Kerahkan 11 Robot Pintar Sterilkan Masjidil Haram
Sterilisasi Masjidil Haram Gunakan Robot Pintar. Robot ini bekerja dengan sistem otomasi Pemetaan dan Lokalisasi Simultan (SLAM) beresolusi tinggi. Arab Saudi Kerahkan 11 Robot Pintar Sterilkan Masjidil Haram

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kepresidenan Umum Arab Saudi untuk Urusan Dua Masjid Suci mengatakan melakukan segala upaya untuk memastikan kesehatan dan keselamatan jemaah haji. Karena itu, lembaga itu menyebut telah menyediakan 11 robot pintar untuk sterilisasi dan desinfeksi di dalam Masjidil Haram.

 

Terkait

Robot-robot yang telah mendapatkan paten SLAM ini memiliki fitur pengisian baterai dan satu robot dapat bekerja selama 5-8 jam tanpa campur tangan manusia. Perangkat pintar ini memiliki kapasitas 23,8 liter, dan mengonsumsi dua liter setiap jam untuk menghilangkan bakteri di area seluas 600 meter persegi setiap putaran.

Baca Juga

Dilansir dari Gulf News, Ahad (3/7/2022), alat ini dapat berjalan sejauh tiga kilometer terus-menerus tanpa campur tangan manusia. Dan ukuran partikel kabut kering yang digunakan dalam proses sterilisasi adalah 5-15 mikrometer.

Masjidil Haram memiliki 25 ribu karpet. Sekitar 4.000 pekerja pria dan wanita dipekerjakan di samping 11 robot pintar untuk mendisinfeksi dan membersihkan situs sepanjang waktu.

Kepresidenan telah meminta 400 karyawan untuk menerima jamaah dan mengarahkan mereka ke mataf dan berbagai ruang sholat lainnya. Termasuk juga mengatur masuk dan keluar dari dan ke Masjidil Haram.

Otoritas itu juga mengklaim terlah menyediakan 25 ribu wadah air Zamzam yang tersebar di sekitar masjid. Ada juga 20 gerobak pintar menampung 80 liter air beroperasi dan 516 air mancur minum tersedia yang bisa dimanfaatkan jamaah.

Baca juga: Puasa Sebelum Idul Adha: Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini