Lebih dari 2.000 Sukarelawan Pakistan Membantu Jamaah Haji

Selasa , 05 Jul 2022, 17:13 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Ilustrasi jamaah haji Pakistan. Sukarelawan haji Pakistan berasal dari ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi
Ilustrasi jamaah haji Pakistan. Sukarelawan haji Pakistan berasal dari ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, ISLAMABAD — Lebih dari 2.000 sukarelawan Pakistan telah membantu jamaah haji yang tiba di Arab Saudi untuk haji tahun ini. Menurut pejabat senior, lebih dari setengahnya adalah ekspatriat Pakistan yang tinggal di Arab Saudi. 

 

Terkait

Direktur Jenderal Haji Pakistan di Jeddah, Abrar Ahmed Mirza, mengatakan kepada Arab News bahwa 410 orang Pakistan yang bekerja di Kerajaan telah bergabung dengan misi haji sebagai sukarelawan lokal, sementara 810 berasal dari Pakistan. 

Baca Juga

Relawan lain telah mendaftar melalui Kelompok Relawan Haji Pakistan (PHVG) yang berbasis di Arab Saudi, dan telah menerima pelatihan sebelum mereka mulai menawarkan bantuan dan nasihat kepada para jamaah. “Tahun ini sekitar 750 relawan akan bekerja,” kata koordinator pusat PHVG, Muhammad Ismail dilansir dari Arab News, Selasa (5/7/2022). 

“Sesuai kebijakan kami, semua relawan telah melalui dua sesi pelatihan wajib dan selanjutnya diwajibkan untuk lulus ujian online,” tambahnya. 

Para relawan tersebut bertugas membantu jamaah haji mendapatkan makanan, akses transportasi, dan memberikan bantuan medis darurat bila diperlukan. 

Seorang ekspatriat Pakistan yang tinggal di Madinah, Hidayat Ullah mengatakan dia mengambil cuti dari kantornya untuk bergabung dengan misi sukarelawan. 

“Ini adalah keempat kalinya saya melayani sebagai sukarelawan. Saya melakukan ini hanya untuk melayani peziarah negara kami,” katanya kepada Arab News. 

Sukarelawan Pakistan lainnya yang berbasis di Makkah, Jawad Shafique, mengatakan dia ingin membantu memastikan bahwa para peziarah memiliki masa tinggal yang lancar di Arab Saudi selama perjalanan mereka. “Kami memastikan penyediaan semua fasilitas dasar untuk peziarah,” kata Shafique. 

Ibadah Haji merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Haji tahun ini masih dibatasi karena kekhawatiran akan pandemi Covid-19. 

Pada 2020, Arab Saudi hanya menerima 10 ribu orang yang tinggal di Kerajaan untuk ritual haji. Kemudian pada tahun 2021 meningkat menjadi 60 ribu peserta haji domestik. Tahun ini jumlah semakin ditingkatkan menjadi satu juga jamaah haji dan mulai menerima jamaah haji asing.

 

Sumber: arabnews  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini