Rabu 06 Jul 2022 14:01 WIB

Arti Haji Akbar dalam Alquran, Benarkah Saat Wukuf Jatuh pada Jumat?

Arafah adalah hari terbaik dalam setahun dan Jumat hari terbaik dalam seminggu.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah haji tengah memanjatkan doa di Jabal Rahmah, saat menunaikan ibadah wukuf di padang Arafah, Senin (19/7/2021). Arti Haji Akbar dalam Alquran, Benarkah Saat Wukuf Jatuh pada Jumat?
Foto:

Dilansir di About Islam, Rabu (6/7/2022), adapun waktu Arafah yang jatuh pada Jumat, tidak ada dalam sumber-sumber Islam otentik yang menunjukkan pelaksanaan hajinya lebih bermanfaat. Namun, para ulama menyimpulkan karena dua momen yang diberkahi jatuh bertepatan di hari yang sama, maka ada lebih banyak berkah.

Arafah adalah hari terbaik dalam setahun dan Jumat adalah hari terbaik dalam seminggu. Berdasarkan hadits berikut Abu Hurairah melaporkan Nabi SAW bersabda, "Hari terbaik di mana matahari terbit adalah hari Jumat. Di saat itu Adam diciptakan, ia dimasukkan ke dalam surga, ia dikeluarkan darinya (surga), dan di hari itu Kiamat akan dimulai. Pada hari itu ada saat di mana tidak ada seorang hamba muslim pun yang meminta kepada Allah suatu kebaikan, tetapi Dia akan mengabulkannya.” (Sahih Muslim)

Satu-satunya ibadah haji yang dilakukan Nabi Muhammad juga jatuh pada Jumat. Pada hari itu, Rasulullah SAW menerima salah satu ayat terpenting dalam Alquran.

Dikisahkan oleh Umar bin Al-Khattab: Suatu ketika seorang Yahudi berkata kepadaku, “Wahai pemimpin orang-orang beriman! Ada sebuah ayat dalam Kitab Suci Anda yang dibaca oleh Anda semua (Muslim), dan seandainya itu diturunkan kepada kami, kami akan mengambil hari itu (di mana itu diturunkan sebagai hari perayaan.”

Umar bin Al-Khattab bertanya, “Ayat yang mana?” Orang Yahudi itu menjawab, {Hari ini Aku sempurnakan agamamu Untukmu, menyempurnakan nikmat-Ku atasmu, Dan telah memilihkan Islam untukmu sebagai agamamu.} (Al-Maidah, 5:3) Umar menjawab, “Tidak diragukan lagi, kami tahu kapan dan dimana ayat ini diturunkan kepada Nabi. Saat itu hari Jumat dan Nabi SAW sedang berdiri di Arafah (yaitu Hari Haji)” (Sahih Al-Bulhari)

photo
Jamaah haji Shalat Subuh di Jabal Rahmah saat berwukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi, Sabtu (10/8/2019). Sekitar 2 juta jamaah haji dari berbagai negara berwukuf di tempat ini sebagai salah satu syarat sah berhaji. - (Amr Nabil/AP)

 

https://aboutislam.net/counseling/ask-about-islam/meaning-yaum-al-hajj-al-akbar-quran/

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement