Kamis 07 Jul 2022 14:00 WIB

Empat Cara Memperoleh Hati yang Lembut

Sangat beruntung orang-orang yang senantiasa memperhatikan kondisi hatinya.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Takwa (ilustrasi).
Foto: alifmusic.net
Takwa (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sangat beruntung orang-orang yang senantiasa memperhatikan kondisi hatinya. Sebab Allah SWT tidak memandang seorang hamba karena fisiknya melainkan dari hatinya. Allah SWT sangat mencintai orang-orang yang memiliki hati yang lembut dan senantiasa bergantung kepada Allah SWT. Lalu bagaimana caranya memperoleh hati yang lembut dan senantiasa bergantung pada Allah? 

Pengasuh Majelis Ahbaabul Musthofa Habib Hasan bin Ismail Al Muhdhor dalam program tanya jawab yang disiarkan melalui kanal resmi YouTube Al Wafa Tarim yang diasuh oleh Habib Hasan beberapa hari lalu mengungkapkan beberapa cara bagi setiap orang yang ingin memperoleh hati yang lembut.  

Baca Juga

1)Sering berkumpul bersama orang miskin yang saleh

Menurut Habib Hasan sering duduk berkumpul bersama orang-orang miskin akan dapat melembutkan hati. Namun demikian orang miskin yang dimaksud bukanlah orang miskin yang fasik melainkan orang miskin yang saleh, ahli ibadah, dan ahli zikir. Bahkan menurut Habib Hasan dianjurkan juga untuk maka bersama orang-orang miskin yang saleh tersebut. Hal ini menurut Habib Hasan sangat ampuh untuk membuat hati menjadi lembut.

Sebaliknya Habib Hasan menyarankan untuk menyedikitkan atau menghindari duduk dengan orang-orang kaya, penguasa. Cukup seperlunya sesuai hajat. 

2)Sering berkumpul dengan Auliya

Habib Hasan mengatakan duduk dengan para ulama, orang-orang saleh yang dikasihi Allah,  akan membuat hati menjadi lembut. Karena itu sangat sekali dianjurkan untuk sering berkumpul atau mengunjungi auliya wa shalihin. Bila para ulama dan orang-orang saleh itu sudah wafat, maka dapat dilakukan dengan berziarah ke makamnya. 

3)Sering berpuasa

Menurut Habib Hasan perut yang sering lapar akan membuat hati menjadi lunak dan senantiasa mengingat Allah SWT.

4)Sering membaca Alquran

Orang-orang yang senantiasa mengisi hari-harinya dengan membaca Alquran akan memiliki hati yang lembut. Apalagi orang tersebut juga mentadabburi bacaan Alquran. Dan melengkapinya dengan melaksanakan sholat sunah terutama qiyamullail.

"Ini beberapa cara untuk membuat hati kita lembut. Dan selalu memohon-mohon meminta kepada Allah SWT untuk diberi hati yang lembut," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement