Jumat 08 Jul 2022 22:32 WIB

Bahas Rencana Kunjungan Joe Biden, Palestina dan Israel Gelar Pertemuan

Joe Biden dijadwalkan mengunjungi Israel dan Palestina pada 13-15 Juli mendatang.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agung Sasongko
Presiden AS Joe Biden (kiri) dan ibu negara Dr. Jill Biden (kanan).
Foto: EPA-EFE/Chris Kleponis
Presiden AS Joe Biden (kiri) dan ibu negara Dr. Jill Biden (kanan).

IHRAM.CO.ID, RAMALLAH – Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Menteri Pertahanan (Menhan) Israel Benny Gantz membahas rencana kunjungan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden ke Israel dan Palestina dalam sebuah pertemuan di Ramallah, Kamis (7/7/2022).

“Pertemuan dilakukan secara positif. Para pihak membahas tantangan sipil dan keamanan regional (serta) sepakat melanjutkan koordinasi keamanan dan menghindari kegiatan yang dapat menyebabkan ketidakstabilan,” kata Kementerian Pertahanan Israel dalam sebuah pernyataan, dikutip Al Arabiya.

Baca Juga

Sementara itu Abbas menekankan pentingnya menciptakan cakrawala politik antara Israel dan Palestina. Menurutnya, ada kebutuhan untuk menciptakan suasana positif sebelum kunjungan Joe Biden.

Biden dijadwalkan mengunjungi Israel dan Palestina pada 13-15 Juli mendatang. Selain bertemu Abbas, Biden akan turut melakukan pertemuan dengan perdana menteri baru Israel, Yair Lapid. Sebelumnya Lapid menjabat sebagai menteri luar negeri.

 

Beredar kabar bahwa saat bertemu Lapid, Biden akan membahas tentang upaya normalisasi diplomatik Israel dengan Arab Saudi. Saat masih menjabat sebagai menteri luar negeri Israel, Lapid sempat menyatakan, dia yakin normalisasi hubungan dengan Saudi mungkin dilakukan. Kendati demikian, dia tak menampik hal itu akan menjadi proses yang panjang dan hati-hati.

“Kami percaya ada kemungkinan untuk melakukan proses normalisasi dengan Arab Saudi, Ini kepentingan kami. Kami sudah mengatakan bahwa ini adalah langkah selanjutnya setelah Abraham Accords (kesepakatan normalisasi Israel dengan beberapa negara Muslim) untuk berbicara tentang proses yang panjang dan hati-hati," kata Lapid, 30 Mei lalu. 

Lapid mengklaim saat ini upaya normalisasi dengan Saudi tengah didiskusikan Israel bersama AS dan beberapa negara Teluk Arab. “Kami sedang mengerjakannya dengan Amerika (tentang normalisasi hubungan dengan Saudi), dengan beberapa negara Teluk, dalam segala macam cara,” ujarnya.

Dari Israel dan Palestina, Joe Biden akan melanjutkan perjalanannya ke Saudi. Di sana, dia bakal bertemu Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement