Jamaah Haji Indonesia Paling Banyak Dengarkan Khutbah Arafah 

Ahad , 10 Jul 2022, 06:51 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Muhammad Hafil
Jamaah Haji Indonesia Paling Banyak Dengarkan Khutbah Arafah. Foto:   Arafah (ilustrasi)
Jamaah Haji Indonesia Paling Banyak Dengarkan Khutbah Arafah. Foto: Arafah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,MAKKAH — Muslim Indonesia menjadi yang paling banyak  mendengarkan khutbah Arafah melalui platform Manarat Al Haramain Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci pada musim haji tahun Ini. Seperti dilansir Saudi Gazette pada Ahad (10/7/2022) jamaah haji Indonesia menempati daftar puncak dari seluruh negara dalam segmen orang yang paling banyak mendengarkan khutbah Hari Arafah.  Jumlah kunjungan masyarakat Indonesia ke platform Manarat Al Haramain Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci untuk mendengarkan khutbah Arafah mencapai 68 juta.

 

Terkait

Jumlah total pengunjung platform tersebut pada hari Arafah mencapai lebih dari 600 juta dengan tujuan mendengarkan terjemahan khotbah pada Hari Arafah dan yang disiarkan melalui platform ke dalam 14 bahasa. Jumlah pendengar khutbah lebih dari 219 juta kunjungan, di antaranya 68 juta dari Indonesia, 38 juta dari Pakistan, 32 juta dari India, dan 22 juta dari Bangladesh. Ada 19 juta kunjungan dari Mesir, 12 juta dari China, dan enam juta dari Amerika Serikat, tiga juta dari Malaysia, masing-masing dua juta dari Arab Saudi, Afghanistan, dan Sri Lanka, dan sisanya negara lain..

Baca Juga

Pendengar khutbah mewakili 99 persen melalui perangkat komputer dan satu persen dari ponsel. Pembagian persentase mendengarkan bahasa adalah sebagai berikut sebanyak 29 persen untuk Melayu, 18 persen Inggris, 13 persen Urdu, 11 persen Hausa, 9 persen Bengali, 4 persen Prancis, 3 persen Turki, 2,3 persen Tamil, masing-masing dua persen bahasa Cina, Hindi, Rusia, dan Persia, sementara 1,5 persen bahasa Kiswahili dan 1,2 persen bahasa Spanyol.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini