Bandara Jeddah Izinkan Jamaah Haji Bawa Air Zamzam 

Senin , 11 Jul 2022, 10:15 WIB Reporter :Haura Hafizhah/ Redaktur : Ani Nursalikah
Pabrik pengemasan botol air zamzam King Abdullah Bin Abdulaziz di Makkah, Arab Saudi kembali beroperasi sejak tahun lalu. Bandara Jeddah Izinkan Jamaah Haji Bawa Air Zamzam 
Pabrik pengemasan botol air zamzam King Abdullah Bin Abdulaziz di Makkah, Arab Saudi kembali beroperasi sejak tahun lalu. Bandara Jeddah Izinkan Jamaah Haji Bawa Air Zamzam 

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA) Jeddah, Arab Saudi mengizinkan jamaah haji kembali ke negara mereka dengan membawa air zamzam di penerbangan internasional.

 

Terkait

"Jamaah hanya diperbolehkan membeli satu botol air zamzam lima liter melalui salah satu titik penjualan di lokasi bandara. Kami telah mengalokasikan jalur terpisah untuk air zamzam dan tidak diperbolehkan membawa zamzam di dalam bagasi terdaftar," kata KAIA dikutip dari Saudi Gazette pada Senin (11/7/2022).

Baca Juga

 

Pihak berwenang juga memperingatkan pada fase mendatang, bandara sedang bersiap menyiarkan banyak pesan kesadaran dan pendidikan melalui semua platform media untuk menyebarkannya di antara para peziarah di tempat tinggal mereka di Makkah.

 

"Kami bertujuan, melalui inisiatif ini, untuk memberikan informasi kepada jemaah tentang semua instruksi yang diperlukan terkait dengan penanganan dan pengiriman bagasi di bandara," katanya.

 

Otoritas bandara telah menyatakan mereka akan mempublikasikan informasi melalui surat kabar, koran elektronik, platform media sosial serta melalui pesan teks mengenai pengiriman bagasi dan tips terpenting yang terkait dengan pengiriman air zamzam.  

 

Ia juga menekankan itu akan menerjemahkan isi dan pesan kesadaran “Your service is our honor” atau "Melayani Anda menjadi kehormatan kami" untuk memastikan informasi tersebut telah mencapai semua peziarah dari berbagai negara. KAIA telah meluncurkan kampanye kesadaran sebagai bagian dari inisiatif. 

"'Melayani Anda menjadi kehormatan kami' yang diluncurkan oleh perusahaan Induk Bandara di seluruh bandara Saudi, bersamaan dengan musim haji dan liburan musim panas," kata KAIA.

Kampanye yang diluncurkan oleh KAIA mencakup beberapa pesan kesadaran dan pendidikan tentang cara memfasilitasi pengiriman bagasi selama perjalanan pulang, perlunya memastikan berat bagasi yang diizinkan sesuai dengan tiket perjalanan, dan tidak menempatkan apapun cairan di dalamnya, atau mengikat tas dengan tali yang dapat mengganggu pengiriman bagasi.

 

Bandara berkontribusi, melalui rencana operasionalnya, dan bekerja sama dengan pemerintah, badan keamanan dan operasional di dalam bandara, untuk memfasilitasi proses pengangkutan dan pengiriman bagasi selama fase keberangkatan penumpang untuk memastikan kelancaran dan pengorganisasian pekerjaan di dalam aula bandara,  yang akan membantu dalam percepatan tata cara pengelompokan jamaah haji pada tahap pemberangkatan.

 

https://saudigazette.com.sa/article/622808/SAUDI-ARABIA/Jeddah-airport-allows-pilgrims-to-carry-Zamzam-water

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini