KH Ibrohim Pendidik dari Kota Wali (I)

Selasa , 12 Jul 2022, 21:21 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Agung Sasongko
Ulama(ilustrasi)
Ulama(ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, jakarta -- Demak memiliki sebutan sebagai Kota Wali. Dalam sejarah, daerah tersebut pernah menjadi pusat syiar Islam yang dilakukan para wali sanga pada abad ke-14 M. Mewarisi semangat dakwah mereka, salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah itu hingga kini terus memunculkan alim ulama.

 

Terkait

Para mubaligh dari Demak berkiprah terutama di dunia pendidikan, khususnya pesantren-pesantren. Salah seorang tokoh yang berjuang di ranah tersebut adalah KH Ibrohim. Di Kota Wali, dirinya mendirikan Pondok Pesantren Ibrohimiyyah.

Baca Juga

Institusi pendidikan Islam tertua di Kecamatan Mranggen, Demak, itu sampai saat ini telah mencetak banyak kaum terdidik. Mereka meneruskan perjuangan sang pendiri ponpes dalam mencerdaskan kehidupan umat Islam.

KH Ibrohim lahir di Terboyo, Semarang, Jawa Tengah, pada 1839 M. Dilihat dari tahun kela hirannya, sang kiai masih seumuran dengan tokoh- tokoh Islam karismatik, semisal Kiai Sholeh Darat, Syaikhona Kholil Bangkalan, atau Syekh Nawawi al-Bantani.

Dilihat dari nasabnya, Kiai Ibrohim temasuk keturunan pahlawan. Ayahnya dikenal dengan panggilan Kanjeng Sunan Terboyo yang makamnya berada di belakang Masjid Terboyo Semarang.