Rabu 13 Jul 2022 11:55 WIB

PPIH Tegaskan Jamaah Haji Dapat Air Zamzam di Debarkasi

Jamaah haji tak perlu membeli air zamzam.

Rep: Achmad Syalaby Ichsan/ Red: Muhammad Hafil
PPIH Tegaskan Jamaah Haji Dapat Air Zamzam di Debarkasi. Foto:   Pabrik pengemasan botol air zamzam King Abdullah Bin Abdulaziz di Makkah, Arab Saudi kembali beroperasi sejak tahun lalu.
Foto: Saudi Gazette
PPIH Tegaskan Jamaah Haji Dapat Air Zamzam di Debarkasi. Foto: Pabrik pengemasan botol air zamzam King Abdullah Bin Abdulaziz di Makkah, Arab Saudi kembali beroperasi sejak tahun lalu.

IHRAM.CO.ID,MAKKAH -- Bandara Internasional King Abdulaziz Airport (KAIA) Jeddah mengumumkan, jamaah haji diperbolehkan membawa lima liter air zamzam saat kembali ke negaranya. Hanya saja, air zamzam tersebut tidak boleh dimasukkan ke dalam bagasi tercatat atau dibawa bersama jamaah.

Kepala Seksi Layanan Kedatangan dan Kepulangan Daker Bandara PPIH Arab Saudi Edayanti Dasril memastikan jamaah haji Indonesia akan mendapat satu botol air zamzam dengan kapasitas lima liter. Namun, air tersebut tidak perlu dibawa langsung oleh jemaah. Sebab, lima liter zamzam akan dibagikan di asrama haji debarkasi.

Baca Juga

Menurut Edayanti, mekanisme tersebut diambil untuk memudahkan jamaah haji Indonesia.

"Jamaah haji Indonesia tidak perlu repot membeli air Zamzam. Semuanya akan dapat lima liter dan itu dibagikan di Tanah Air, tepatnya saat tiba di asrama haji debarkasi," ujar Edayanti di Makkah, Selasa (12/7/2022).

Eda, panggilan akrabnya, mengatakan, penimbangan dan pemeriksaan bagasi jamaah akan dilakukan dua hari sebelum keberangkatan jemaah ke Bandara KAIA. Pemeriksaan untuk memastikan berat maksimal koper bagasi sesuai ketentuan, dan tidak ada barang yang dilarang dimasukkan, termasuk air Zamzam.

"Bersamaan itu dilakukan proses city check in. Koper bagasi jemaah akan sekalian dibawa. Dan, jamaah sudah mendapatkan boarding pas," jelasnya.

Dengan sistem city check in, baik orang maupun barang, dia menegaskan, jamaah haji Indonesia tidak perlu lagi melakukan check in di bandara. Mereka bisa langsung proses imigrasi dan menuju waiting room.

Eda menambahkan, cara ini untuk memudahkan jemaah dalam proses kepulangan. City check in juga dapat mempercepat proses sehingga jamaah tidak kelelahan.

"Ujungnya sama. Setiap jamaah mendapat lima liter Zamzam dan itu dibagikan di Asrama Haji Embarkasi," ujar dia.

Dilansir dari Saudi Gazette, Senin (11/7/2022), KAIA mencatat bahwa jamaah haji hanya diperbolehkan membeli satu botol air zamzam lima liter di salah satu titik penjualan di lokasi bandara KAIA.

Otoritas bandara telah mengklarifikasi bahwa mereka telah mengalokasikan jalur terpisah untuk air zamzam, dan tidak diperbolehkan membawa zamzam di dalam bagasi terdaftar. Air zamzam tersebut akan dikirim sebagai kargo ke negara tujuan para jamaah haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement