Rabu 13 Jul 2022 20:45 WIB

 Enam Kloter Jamaah Haji Pulang ke Tanah Air pada 15 Juli 2022

Operasional ibadah haji kini memasuki fase pemulangan jamaah haji.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Listrik Terowongan Muashim yang menjadi rute jamaah haji Indonesia untuk melontar jumrah di Jamarat  sempat korslet karena arus pendek selama setengah jam, Ahad (10/7/2022).  Matinya listrik membuat lampu dan blower terowongan mati. Listrik kembali menyala setelah mendapat penanganan dari otoritas Arab Saudi.
Foto:

Ia mengatakan, rencananya, keberangkatan jamaah akan dilepas dari hotel di Makkah oleh Delegasi Amirul Hajj. Menag akan melepas dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Khanif menambahkan, pihaknya hari ini akan memulai proses penimbangan koper bagasi jamaah haji Indonesia. Penimbangan kali pertama akan dilakukan di Hotel Kiswah-Jarwal, tempat jamaah asal Embarkasi Solo (SOC).

"Proses pemeriksaan dan penimbangan dilakukan H-2 dari jadwal keberangkatan jamaah haji Indonesia ke Bandara Jeddah. Hari ini kita mulai penimbangan untuk enam kloter pertama, termasuk di Jarwal untuk jamaah SOC," jelas Khanif.

Pemeriksaan untuk memastikan berat maksimal koper bagasi sesuai ketentuan, dan tidak ada barang yang dilarang dimasukkan, termasuk air Zamzam. Bersamaan itu dilakukan proses city check in. Koper bagasi jamaah akan sekalian dibawa. Dan, jamaah sudah mendapatkan boarding pas. 

"Dengan sistem city check in, baik orang maupun barang, maka jamaah haji Indonesia tidak perlu lagi melakukan check in di  bandara. Mereka bisa langsung proses imigrasi dan menuju waiting room," ujarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement