Kamis 14 Jul 2022 17:05 WIB

CNN: Arab Saudi akan Izinkan Penerbangan dari Israel dan Perjalanan Langsung Haji

Saat ini, Arab Saudi menerima jamaah haji dari Israel ke Makkah lewat negara ketiga.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Maskapai Israel El Al. CNN: Arab Saudi akan Izinkan Penerbangan dari Israel dan Perjalanan Langsung Haji
Foto:

Jika Riyadh mengumumkan persetujuan untuk penggunaan wilayah udaranya, perjalanan ke dan dari negara-negara tersebut akan menjadi perjalanan yang jauh lebih singkat. Pekan lalu, Menteri Kerja Sama Regional Israel Esawi Frej mengajukan permintaan resmi kepada otoritas Saudi, untuk mengizinkan perjalanan langsung bagi jamaah Muslim Israel yang berangkat haji ke Makkah.

Ibadah haji merupakan kewajiban sekali seumur hidup bagi semua Muslim yang mampu, secara fisik dan finansial, untuk melakukan perjalanan. Ibadah ini akan membawa mereka sepanjang jalan yang diyakini dilalui oleh Nabi Muhammad sekitar 1.400 tahun yang lalu.

Saat ini, Arab Saudi menerima peziarah Muslim yang tiba dari Israel ke Makkah. Tetapi, jamaah diharuskan melakukan perjalanan melalui negara ketiga, yang menurut Frej bisa menghabiskan biaya hingga 11.500 dolar AS untuk perjalanan selama seminggu. Sementara itu, peziarah dari negara tetangga Arab membayar sekitar setengah dari jumlah itu.

Laporan dari CNN muncul di tengah spekulasi yang berputar-putar, tentang potensi kesepakatan normalisasi antara Israel dan Arab Saudi selama kunjungan Biden. Menurut laporan ini, pejabat pemerintahan Biden mengatakan normalisasi penuh antara Israel dan Arab Saudi kemungkinan tidak akan terjadi dalam waktu dekat, tetapi mengklaim kerja sama antara kedua negara sedang berkembang.

"Tugas kami adalah masuk lebih dalam dengan negara-negara yang telah mendaftar dan memperluas jika kami bisa," kata CNN mengutip seorang pejabat AS.

Biden dilaporkan telah mendarat di Israel untuk kunjungan pertama selama dua hari ke negara itu, Rabu (13/7/2022). Dalam kunjungannya, dilakukan upacara penyambutan di Bandara Internasional Ben-Gurion, di mana ia mengatakan hubungan antara rakyat Israel dan Amerika sangat dalam.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement