Kamis 14 Jul 2022 18:30 WIB

UIN Palu Dorong Mahasiswa Tingkatkan Kemampuan Hafal Alquran

Mahasiswa diminta perkuat kemampuan hafal Alquran.

Mahasiswa Hafal Alquran (ilustrasi)
Foto: ANTARA/ADENG BUSTOMI
Mahasiswa Hafal Alquran (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah mendorong mahasiswa perguruan tinggi Islam negeri tersebut agar meningkatkan kemampuan menghafal Quran.Rektor UIN Datokarama Prof Sagaf Pettalongi, di Palu, Kamis, mengemukakan mahasiswa UIN Palu harus memiliki pengetahuan dan keterampilan berbasis agama sebagai identitas, meskipun mahasiswa disiplin ilmunya pada program studi umum.

"Pengetahuan dan keterampilan agama menjadi DNA UIN Palu yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa," ucap Prof Sagaf Pettalongi.

Baca Juga

Prof Sagaf mengatakan salah kemampuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh mahasiswa adalah mampu membaca, menulis dan menghafal Alquran.UIN Palu, sebut dia, memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang mampu menghafal lima juz Alquran, 10 juz, 20 juz dan 30 juz.

"Iya, ada beasiswa yang kami alokasikan untuk mahasiswa penghafal Alquran," ujarnya.

UIN Palu mengalokasikan anggaran senilai Rp42 juta untuk mahasiswa yang dipandang layak mendapat beasiswa penghafal Quran.Berkaitan dengan itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Palu Dr Mohammad Idhan mengatakan beasiswa hafidz Quran atau beasiswa bagi penghafal Quran diberikan oleh UIN Palu setiap tahun kepada mahasiswa.

"Beasiswa ini telah dimulai sekitar tahun 2020, perekrutannya setiap tahun," ungkapnya.

Untuk tahun 2022 ini, ia menerangkan, saat ini sedang dilakukan seleksi terhadap mahasiswa penghafal Quran lima juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz."Sudah ada mahasiswa yang mendaftar dan selanjutnya masuk tahap seleksi. Kami telah membentuk tim seleksi untuk menilai hafalan mahasiswa," ujarnya.

Idhan menambahkan beasiswa ini merupakan satu bentuk pembinaan secara berkelanjutan, yang selanjutnya para penghafal Quran diharapkan dapat mewakili UIN Palu dan daerah pada kegiatan - kegiatan nasional dan internasional terkait dengan hafidz Quran."Hal ini sekaligus mendorong mahasiswa lainnya untuk menghafal Quran," sebutnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement