Ahad 17 Jul 2022 02:05 WIB

Rayakan Idul Adha, Masjid di Birmingham Bagi Ratusan Paket Sembako

Pembagian paket sembako bertujuan berbagi berkah Idul Adha dengan masyarakat.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Jami Masjid and Bangladeshi Islamic Centre di Smethwick, Birmingham, Inggris. Ilustrasi. Rayakan Idul Adha, Masjid di Birmingham Bagi Ratusan Paket Sembako
Foto: Google Street View
Jami Masjid and Bangladeshi Islamic Centre di Smethwick, Birmingham, Inggris. Ilustrasi. Rayakan Idul Adha, Masjid di Birmingham Bagi Ratusan Paket Sembako

IHRAM.CO.ID, BIRMINGHAM -- Perayaan Idul Adha merupakan salah satu festival Islam terbesar setiap tahun. Setelah melaksanakan sholat Id, keluarga Muslim biasanya berkumpul untuk melakukan ritual penyembelihan hewan qurban dan berbagi kebahagiaan.

Dengan tujuan berbagi berkah Idul Adha dengan masyarakat, sebuah masjid lokal di Birmingham mengirimkan 270 paket makanan kepada keluarga yang membutuhkan sebagai bentuk perayaan Idul Adha. Masjid Al Falaah, mendistribusikan paket yang mencakup daging qurban dan kebutuhan lain.

Baca Juga

“Meningkatnya biaya hidup telah membebani komunitas kami ke tingkat kekurangan yang drastis,” kata Sekretaris Jenderal Masjid Al Falaah, Adil Parkar, dikutip di About Islam, Sabtu (16/7/2022).

Ia lantas mengucapkan terima kasih kepada mitranya, Islamic Relief UK. Lembaga ini disebut membantu masjid mendistribusikan dukungan yang sangat dibutuhkan ini kepada keluarga yang tidak dapat menyediakan makanan di meja mereka.

 

“Kami berharap upaya kecil kami akan diterima oleh komunitas dan berterima kasih kepada para donor dan mitra, karena telah mengambil tugas yang begitu penting," lanjutnya.

Isi dari paket Idul Adha yang dibagikan masjid tersebut berupa es, pasta, tepung, minyak, gula, garam, tuna kaleng, tomat dan sayuran. Relawan akan mendistribusikan paket ke tempat penampungan makanan tunawisma, pengungsi, penyintas kekerasan dalam rumah tangga dan sekolah sepanjang minggu ini.

Ini bukanlah pertama kali dilakukan oleh Masjid Al-Falaah dengan tujuan membantu masyarakat sekitar. Pada Januari 2022, Masjid Al Falaah di Handsworth dan Masjid Green Lane di Small Heath membantu keluarga rentan dengan membagikan 1.000 paket makanan kepada yang membutuhkan.

Masjid juga telah bekerja sama dengan perusahaan keamanan untuk membantu para tunawisma selama musim Natal. Upaya ini dilakukan dengan merilis sebuah lagu untuk mengumpulkan uang demi membantu tujuan mereka. 

https://aboutislam.net/muslim-issues/europe/mosque-distributes-almost-300-food-parcels-to-needy/

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement