Armada Bus Terbaru Siap Antar Jamaah Haji Gelombang 2 ke Madinah

Senin , 18 Jul 2022, 23:25 WIB Redaktur : Nashih Nashrullah
Bus yang mengangkut jamaah haji di Arab Saudi. Bus antarkota yang disiapkan untuk jamaah haji ke Madinah berkualitas baik
Bus yang mengangkut jamaah haji di Arab Saudi. Bus antarkota yang disiapkan untuk jamaah haji ke Madinah berkualitas baik

Oleh A Syalaby Ichsan, dari Madinah Arab Saudi.

 

Terkait

IHRAM.CO.ID, MAKKAH – Jamaah haji gelombang 2 akan mulai diberangkatkan pada 21 Juli 2022 dari Makkah ke Madinah. 

Baca Juga

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief menjelaskan, beragam persiapan telah dilakukan termasuk aspek transportasi.

Menurut Hilman, bus antarkota dengan kualitas dan standar baik juga telah disiapkan. Seluruh bus yang akan mengantar jamaah merupakan bus keluaran baru. Tidak ada yang berusia di atas lima tahun.

“Fasilitas transportasi juga sudah kita siapkan,” kata Hilman usai berkeliling menyapa jamaah di Hotel Safwat Al Sharooq, Sektor III, Raudhah, Senin (18/7/2022).

Beberapa hotel di sekitar Masjid Nabawi Madinah juga telah disiapkan menyambut kedatangan jamaah gelombang kedua ini. Layaknya jamaah gelombang 1, jamaah gelombang 2 juga akan menempati wilayah markaziah yang terletak paling jauh 500 meter dari Masjid Nabawi.

Jamaah gelombang kedua adalah pemberangkatan jamaah dari Indonesia mendarat di Jeddah, lalu langsung menuju Makkah. Sedangkan gelombang pertama adalah jamaah yang berangkat dari Indonesia mendarat di Madinah untuk Arbain, lalu ke Makkah. 

"Mengenai fasilitas yang akan didapatkan oleh jamaah gelombang kedua ketika di Madinah itu juga sama baiknya dengan jamaah gelombang pertama,” ujar dia.

Selama di Madinah, jamaah juga akan mendapatkan pasokan makanan tiga kali sehari dengan menu bercitarasa Indonesia ditambah buah-buahan segar. 

Bagi jamaah yang hendak ke Madinah, Hilman berpesan agar seluruh barang bawaan tidak tertinggal. Mereka akan berada di Madinah selama sembilan hari, sebelum pulang ke Indonesia.

“Mereka akan kembali ke Indonesia melalui bandara di Madinah tidak kembali lagi ke Makkah. Karena itu kami berharap juga jamaah betul betul disiapkan barang bawaannya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PPIH Arab Saudi Arsad Hidayat di Jeddah, menyatakan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sudah mempersiapkan pelayanan untuk jamaah haji gelombang kedua di Madinah.

"Petugas daerah kerja Madinah sudah merapat ke Madinah dan sudah menempati sektor masing-masing. Begitu juga dengan hotel sudah terjadwal seluruhnya," kata dia, Senin.

Dia mengatakan komunikasi dengan maktab dan pihak transportasi juga sudah dilakukan agar ketika jamaah sudah diberangkatkan dari Makkah ke Madinah mulai 21 Juli 2022 tidak ada kendala.

Sedangkan terkait akomodasi di Madinah berbeda dengan Mekkah yang memakai sistem full musim. Sedangkan karakteristik Madinah berbeda karena karena pemerintah kota atau baladiyah yang menentukan kapasitas di hotel.

Sementara terkait ziarah ke Raudhah tetap sesuai dengan sistem tasrih lewat aplikasi e-hajj. Nantinya,akan dikoordinasikan oleh petugas di Daker Madinah.

Jamaah haji gelombang kedua akan mulai bergeser ke Madinah dari Mekkah pada 22 Juli 2022. Jamaah akan melaksanakan ibadah arbain atau shalat berjamaah 40 waktu di Masjid Nabawi selama sekitar 8-9 hari.

Selanjutnya jamaah haji akan pulang ke Tanah Air melalui Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz di Madinah. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini