Rabu 20 Jul 2022 09:36 WIB

Amalan Bulan Dzulhijjah bagi yang Belum Mampu Naik Haji

Haji jatuh di bulan Dzulhijjah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Amalan Bulan Dzulhijjah bagi yang Belum Mampu Naik Haji. Foto: Ibadah sholat
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Amalan Bulan Dzulhijjah bagi yang Belum Mampu Naik Haji. Foto: Ibadah sholat

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Bagi umat islam yang diberikan kemampuan secara fisik dan materi, maka dia diwajibkan untuk berhaji di bulan Dzulhijjah. Namun, bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki kemampuan tersebut, amalan apa yang hendaknya dikerjakan?

Dikutip dari buku Panduan Praktis Amalan Ibadah di Bulan Dzulhijjah karya Abu Abdillah Syahrul Fatwa bin Lukman, Termasuk hikmah Allah Azza wa Jalla, Dia menjadikan media beramal tidak hanya pada satu amalan saja. Bagi yang tidak mampu haji, jangan bersedih, karena disana masih banyak amalan salih yang pahalanya tetap ranum dan siap dipetik pada bulan ini. 

Baca Juga

Di antara contohnya shalat sunnah, dzikir, sadaqoh, berbakti pada orang tua, amar ma’ruf nahi mungkar, menyambung tali persaudaraan dan berbagai macam amalan lainnya. Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ، ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ. قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

Barangsiapa yang sholat subuh berjama’ah kemudian duduk berdzikir hingga terbit matahari, setelah itu dia shalat dua rakaat, maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah. Perawi berkata: Rasulullah ﷺ berkata: “Sempurna... sempurna... sempurna”. (HR. Tirmidzi)

Ini adalah keutamaan yang besar, kebaikan yang banyak, tidak bisa dikiaskan. Sesungguhnya Allah adalah pemberi nikmat, memberi keutamaan sesuai kehendaknya dan kepada siapa saja yang dikehendaki. Tidak ada yang dapat menentang hukumnya dan tidak ada yang yang dapat menolak keutamaan-Nya. (at-Tamhid).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement