Jumat 22 Jul 2022 16:17 WIB

Direnovasi, Masjid BSI Penanjakan Bromo Diharapkan Beri Kemudahan Wisatawan Beribadah

Harapan terbesar wisatawan adalah adanya tempat ibadah yang representatif.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Agung Sasongko
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri)  bersama Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI) Hery Gunardi (tangah) serta  Plt Kepala Balai Besar TNBTS Novita Kusuma Wardani (kanan) memukul beduk saat  peresmian Masjid BSI di kawasan Gunung Bromo, Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (22/07/2022).  Masjid yang berada pada ketinggian 2.680 meter di atas permukaan laut (MDPL) tersebut diharapkan dapat memperkuat pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi umat serta dapat mendukung pemulihan sektor pariwisata di kawasan Gunung Bromo.
Foto:

Tidak hanya itu, masjid ini juga menjadi gambaran dari harmonisasi keberagaman dan toleransi antar umat beragama. Apalagi mayoritas warga Desa Wonokitri adalah penganut agama Hindu. Harmonisasi keberagamaan dan toleransi salah satunya terlihat dari bangunan masjid ini. Dimana gerbang masuknya merupakan replika Candi Singasari untuk memperkuat gabungan budaya lokal dengan Islam. 

“Tentunya ini menjadi bentuk harmonisasi keberagaman dan toleransi antar umat beragama yang ada di Jatim,” kata Khofifah.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi berharap, kehadiran Masjid BSI Penanjakan dapat mendukung pemulihan sektor pariwisata daerah dan nasional. BSI diakuinya telah membangun sejumlah masjid di titik-titik strategis seperti di Tol Cipali, Tol Cipularang, kawasan Merapi Sleman da di Bakauheuni Lampung. 

“Dengan adanya Masjid BSI Penanjakan ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan dan keberkahan bagi warga sekitar dan wisatawan yang ingin beribadah,” kata Hery.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement