Kemenag: Kuota Haji Mataram Tahun Depan Diharapkan Bisa Normal

Jumat , 12 Aug 2022, 22:50 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Sejumlah petugas memeriksa barang bawaan jamaah calon haji di Asrama Haji Lingkar Selatan Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (24/8).
Sejumlah petugas memeriksa barang bawaan jamaah calon haji di Asrama Haji Lingkar Selatan Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (24/8).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, berharap agar kuota haji Kota Mataram tahun depan bisa kembali normal dan jamaah yang berusia di atas 65 tahun juga bisa diberangkatkan.

 

Terkait

"Alhamdulillah, hasil evaluasi pemberangkatan haji di tengah pandemi COVID-19 bisa kita katakan sukses dan berjalan lancar. Semoga tahun depan kuota kembali normal dan jamaah usia di atas 65 tahun bisa terakomodasi juga," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Muhammad Amin di Mataram, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga

Pernyataan itu disampaikannya menjawab pertanyaan wartawan terhadap hasil evaluasi pelaksanaan ibadah haji terhadap 399 haji asal Kota Mataram musim haji 2022.

Menurutnya, salah satu tolok ukur kesuksesan jamaah haji Kota Mataram yang berangkat di tengah pandemi COVID-19 bahwa hingga saat ini tidak ada jamaah haji yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Setelah pulang, keluhan jemaah hanya batuk pilek yang dipicu karena kecapekan dan hanya butuh istirahat," katanya.

Terkait dengan itu, pihaknya berharap hal itu bisa menjadi pertimbangan pemerintah dalam mengambil kebijakan untuk mengembalikan kuota pemberangkatan jemaah calon haji tahun depan.

"Sebelum pandemi, kita biasanya mendapat kuota hingga 750 calon haji," katanya.

Di sisi lain, diharapkan juga calon jamaah haji yang usianya di atas 65 tahun diberikan kesempatan yang sama sebab masih banyak calon jamaah haji yang ada dalam daftar tunggu berusia di atas 65 tahun.

Amin mengakui, hingga saat ini pihaknya belum menerima surat edaran resmi dari pemerintah pusat maupun Pemerintah Arab Saudi yang menyebutkan bahwa tahun depan calon haji usia 65 tahun ke atas akan diberangkatkan.

"Informasi itu baru kita dengar dari media saja, tapi secara resmi belum ada. Namun, kita berdoa agar itu bisa terwujud," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini