Polisi Imbau Pengguna Jalan Hindari Istana Selama Upacara HUT Kemerdekaan RI

Selasa , 16 Aug 2022, 22:00 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Istana Merdeka
Istana Merdeka

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengimbau pengguna jalan untuk menghindari kawasan Istana Merdeka dan Negara karena akan dilakukan penutupan jalan di sekitar kawasan itu selama pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia (HUT ke-77 RI).

 

Terkait

"Kami sampaikan tanggal 17 Agustus besok, khususnya di sekitar Istana, kita akan menutup beberapa ruas jalan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman di Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga

Latif mengatakan pihak kepolisian akan menutup jalan dan melakukan sterilisasi dalam rangka pengamanan lokasi upacara peringatan kemerdekaan.

Adapun ruas jalan yang ditutup yakni Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Majapahit, Jalan Medan Merdeka Timur yang mengarah ke Istana Presiden dan Jalan Veteran.

Penutupan jalan akan dilakukan malam ini mulai pukul 21.00 WIB hingga hingga berakhirnya Upacara Penurunan Bendera Merah Putih. Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dijadwalkan berlangsung pada Rabu sore (17/8) pukul 16.00 WIB.

Pihak Istana pada tahun ini menggelar upacara secara terbuka untuk masyarakat umum dengan kuota 4.000 undangan yang dibagi untuk dua sesi, yakni Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih.

Sekretariat Presiden juga membuka kuota untuk undangan virtual hingga 77 ribu peserta. Sekretariat Presiden telah mengumumkan akan menyelenggarakan rangkaian Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dengan kondisi seperti sebelum COVID-19.Dengan demikian, anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) akan diturunkan secara penuh sesuai formasi 17-8-45 pada dua sesi upacara tersebut.

Kemudian, Istana juga menyelenggarakan kembali kirab atau arak-arakan Sang Saka Merah Putih dan Naskah Proklamasi dari Monumen Nasional (Monas) menuju Istana Merdeka.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini