Rabu 24 Aug 2022 18:45 WIB

Wapres Sebut Langkah-Langkah RI Jadi Raksasa Ekonomi Baru

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebutkan langkah wujudkan RI jadi raksasa ekonomi.

Wapres RI, Maruf Amin
Foto:

Di sisi lain,Ma'ruf meminta secara khusus kepada Japnas, sebagai salah satu organisasi pengusaha Indonesia, untuk dapat turut membantu penguatan usaha berbasis syariah di berbagai daerah, di antaranya dengan mengisi kawasan industri halal dan mendukung penguatan kapasitas UMKM guna mendukung visi Indonesia menjadi pusat produsen halal dunia.

Dia mengingatkan dalam pendekatan keagamaan, Allah SWT telah menentukan berbagai sumber daya alam di masing-masing negara. Allah memberikan pada suatu negara sesuatu yang tidak diberikan kepada negara lain, untuk menjadi penghidupan melalui perdagangan.

"Jadi, ada negara yang diberi, yang lain tidak, sehingga terjadi proses perdagangan dari satu negara ke negara lain. Nah, kita ini negara yang dikasih Allah banyak sekali, produk-produk pertanian, perkebunan, kelautan, pertambangan, yang tidak ada di negara lain, sehingga kita bisa menjual," jelasnya. 

Dia menekankan, dulu negara lain datang ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah, hingga terjadi penjajahan. Saat ini, menurut dia, jalur rempah itu harus dihidupkan lagi, namun dalam bentuk yang lain.

"Bagaimana kita menjual rempah dengan melakukan hilirisasi. Nah, oleh karena itu, yang penting bagaimana sumber daya alam yang kita miliki itu bisa kita olah dengan baik untuk kita hilirisasi, (kemudian) kita jual ke negara lain," kata dia.

"Saya percaya Japnas bisa melakukan itu semua. Dan, oleh karena itu, krisis apapun, krisis global bagaimanapun, saya kira tidak akan berpengaruh pada negara dan bangsa kita," imbuhnya.

 

Wapres berharap kegiatan Munas I Japnas 2022 dapat menginspirasi seluruh anggota Japnas untuk bangkit bergerak dan bersinergi serta menghasilkan rekomendasi-rekomendasi strategis untuk mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi baru yang diperhitungkan dunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement