Animo Wisata Warga Arab Saudi ke Situs Budaya Meningkat Selama 2021

Rabu , 24 Aug 2022, 21:36 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Arab Saudi Luncurkan Museum Terbang Pertama di Dunia (ilustrasi). Terjadi kenaikan wisata warga Arab Saudi ke situs budaya hingga 30 persen 2021 lalu
Arab Saudi Luncurkan Museum Terbang Pertama di Dunia (ilustrasi). Terjadi kenaikan wisata warga Arab Saudi ke situs budaya hingga 30 persen 2021 lalu

IHRAM.CO.ID, RIYADH –  Kementerian Kebudayaan Arab Saudi merilis catatan perjalanan wisata ke situs budaya di negara tersebut. 

 

Terkait

Dalam Laporan Keadaan Kebudayaan di Kerajaan Arab Saudi 2021, disebutkan bahwa turis domestik melakukan lebih dari 10 juta perjalanan ke situs budaya di Arab Saudi selama 2021. 

Baca Juga

Angka itu menunjukkan kenaikan 30 persen dari tahun sebelumnya. Kenaikan ini dipengaruhi pencabutan pembatasan pandemi dan peningkatan investasi di situs budaya. Kementerian Kebudayaan Arab Saudi mempelopori ekspansi besar-besaran dalam menampilkan budaya Kerajaan. 

Upaya tersebut menghasilkan kenaikan jumlah peminat terhadap kebudayaan Saudi melalui beberapa hal. Di antaranya bioskop, teater, pameran seni, museum, perpustakaan, dan acara budaya. 

Berbagai inisiatif telah mendukung industri ini sejak peluncuran Strategi Budaya Nasional Arab Saudi pada 2019. Selain lonjakan partisipasi dalam kegiatan budaya yang diselenggarakan, juga terjadi peningkatan jumlah wisatawan domestik yang menikmati keindahan alam negara itu. 

Destinasi wisata terpopuler di Saudi adalah cagar alam di provinsi Asir, Jizan, dan Madinah. Sedangkan destinasi wisata lain yang juga banyak dikunjungi adalah Makkah dan Tabuk yang dipilih karena merupakan daerah pegunungan. 

Menteri Kebudayaan Arab Saudi, Pangeran Badr bin Abdullah, menyampaikan  Kerajaan sedang mengalami transformasi budaya yang belum pernah terjadi sebelumnya dan terus melakukan percepatan. Pihaknya telah membangun lingkungan yang memungkinkan berbagai aspek terus berkembang. 

"Bangga dengan sejarah mereka sambil bersemangat untuk merangkul masa depan mereka," kata Pangeran Badr bin Abdullah, dilansir Al Arabiya, Rabu (24/8/2022). 

Selain itu Kementerian Kebudayaan juga menyoroti jumlah museum yang menjanjikan di negara ini jika dibandingkan dengan negara-negara Arab lainnya. Namun jumlahnya masih di bawah negara-negara lain seperti Inggris dan Jepang.

Film juga terbukti sangat populer di Arab Saudi sejak larangan bioskop umum dicabut pada 2018. Pada tahun itu, 2 juta dolar AS atau 7,6 juta riyal Saudi dihabiskan untuk tiket bioskop. 

Laporan Kementerian juga menyebut ada sebanyak 54,8 juta dolar atau setara 206 juta riyal Saudi yang dihabiskan untuk penjualan tiket pada 2021. Secara keseluruhan, Kementerian menyampaikan, hingga saat ini ada 304 museum, 85 perpustakaan umum yang berafiliasi dengan kementerian, 262 teater, 75 galeri dan ruang pameran, 54 bioskop, dan 20 kedai kopi sastra di Arab Saudi.  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini