Satu Lagi Jamaah Sakit Dipulangkan, Sisa Dua Jamaah Dirawat di Arab Saudi

Sabtu , 03 Sep 2022, 06:36 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Satu Lagi Jamaah Sakit Dipulangkan, Sisa Dua Jamaah Dirawat di Arab Saudi. Foto:  Kepulangan jamaah haji ke tanah air (Ilustrasi)
Satu Lagi Jamaah Sakit Dipulangkan, Sisa Dua Jamaah Dirawat di Arab Saudi. Foto: Kepulangan jamaah haji ke tanah air (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Tim Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah kembali mengantar pulang satu jamaah haji yang sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi. Jamaah tersebut berasal dari Embarkasi Banjarmasin, bernama Apani Kasim Rasidi.

 

Terkait

Pria berusia 63 tahun tersebut diberangkatkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Rabu (31/8/2022) pukul 22:30 waktu Arab Saudi dengan Saudia Airlines No Penerbangan SV 820. Ia mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, pukul 13:00 WIB, Kamis (1/9/2022).

Baca Juga

Kepulangan jamaah ini ke Indonesia diantar dua petugas dari KUH KJRI Jeddah, yaitu Muhamad Syafii bin Muhamad Hasyim dan Elvin Mansyur Badar.

"Alhamdulillah, perjalanan berjalan lancar. Kami ditugaskan mengantar pulang jemaah asal Banjarmasin, atas nama Apani Kasim Rasidi," kata Syafii, dalam keterangan yang didapat Republika, Jumat (2/9/2022).

Lebih lanjut, ia mengatakan jamaah saat ini berada di RS Haji Pondok Gede, Jakarta, guna melanjutkan perawatan.

Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam, saat ini sedang mengikuti Rakernas Evaluasi Haji 1443 H di Batam, Indonesia. Ia menjelaskan, Apani Kasim Rasidi selama ini dirawat di RS King Abdullah, Makkah. Jamaah kloter 7 Embarkasi Banjarmasin (BDJ 7) ini bisa diantar pulang setelah dinyatakan laik terbang. 

"Jamaah sudah dinyatakan laik terbang seiring terbitnya Medical Information Form (Medif) dari pihak berwenang di Arab Saudi. Sehingga kami antar pulang ke Indonesia dalam keadaan berbaring," ujarnya.

Seiring kepulangan Apani Kasim Rasidi ke Tanah Air, saat ini masih ada dua jamaah haji Indonesia yang dirawat di RS Arab Saudi. Ia menyebut satu pasien masih di ICU, sementara satu lagi dalam proses persiapan untuk bisa dipulangkan ke Tanah Air.

"Mohon doanya, semoga jamaah haji Indonesia lekas sehat, bisa segera kembali ke tanah air, dan berkumpul kembali dengan keluarganya," lanjut dia.

Operasional penyelenggaraan ibadah haji 1443 H telah dinyatakan berakhir oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas pada 18 Agustus 2022. Sejak itu, masih ada delapan jamaah yang dirawat di RS Arab Saudi.

Empat jamaah sudah pulang ke tanah air, sedangkan dua jamaah wafat dan dimakamkan di Arab Saudi. Saat ini, masih tersisa dua jamaah yang sedang menjalani perawatan.  

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini