Senin 05 Sep 2022 07:53 WIB

Tiga Cara Penduduk Jeddah Mendapatkan Air

Air hasil penampungan air hujan di Jeddah umumnya hanya dipakai untuk mandi.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah
Pintu masuk Kota Tua Jeddah merupakan sisa bangunan benteng yang mengelilingi Al Balad. Tiga Cara Penduduk Jeddah Mendapatkan Air
Foto:

Air ledang tersebut (wazirriah) didatangkan dari sumur-sumur di Ragham kurang lebih 5 km dari jeda yang terletak di Wadi Salim, yang dipompa melalui pipa. Hanya disayangkan airnya terasa agak pahit.

Moschkowski sebagai perwakilan dari negara Rusia, telah memeriksa air hasil penampungan air hujan telah menemukan di samping jentik-jentik nyamuk juga terdapat sejenis ubur-ubur, yang merupakan tempat berkembang biak bagi penyebab penyakit Dracunculus Medinensis. 

Penyakit ini tidak ada kalangan yang mampu dan ini penyebab golongan yang mampu menggunakan air kondensor untuk minum. Abdoel Patah juga menceritakan penderitaan luar biasa yang dialami jamaah karena lalat, nyamuk dan serangga penghisap darah yang pada musim kering atau panas benar-benar membuat rumah-rumah tidak aman. Bukan saja di situ saja, dalam perjalanan ke pasar pun tampak pula tempat-tempat infeksi berbagai penyakit. 

"Berbagai macam makanan tertutup debu dan lalat yang memantulkan warna abu-abu kehitam-hitaman, yang langsung dan tidak langsung merupakan penyebab penularan segala macam penyakit," katanya.

Kemungkinan untuk itu bertambah besar karena pada rumah-rumah di Arab, WC terletak berdekatan dengan dapur, yang pada waktunya ada epidemik besar musibah itu tidak dapat diperkirakan. Dinas Kesehatan setempat di Jeddah tidak mampu menanggulangi gangguan lalat-lalat ini.

Kepada jamaah hanya dapat diberikan petunjuk untuk merebus air terlebih dahulu sebelum dipakai, makanan harus panas-panas dimakan dan jangan dibiarkan disimpan tanpa ditutupi. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement