Kamis 15 Sep 2022 13:21 WIB

Kembangkan Madrasah, Filipina Berguru ke Indonesia

Filipina berencana membangun Madrasah Negeri di negara Mutiara Laut Orien.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Siswa Madrasah
Foto:

Di kesempatan yang sama, Dirjen Madaris Bangsamoro Filipina Tahir G Nalg mengungkapkan alasan mereka berguru ke Indonesia. Hal ini disebut karena Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim yang terbesar di dunia.

"Selain itu, kami bisa menginterpretasikan kata 'moderasi' dengan Indonesia,” ujar Tahir.

Tahir lantas mengungkapkan lulusan madrasah yang ada di Bangsamoro saat ini masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Lulusan Madaris alias Madrasah dari Bangsamoro diakui masih kesulitan untuk mendapatkan kesempatan yang sama dengan sekolah umum.

Pihaknya pun mengatakan ingin belajar, bagaimana agar lulusan pesantren dan madrasah dapat berkancah di dunia kerja, layaknya lulusan sekolah umum.

Rombongan yang tergabung dalam MBHTE BARMM berkunjung ke empat lembaga Pendidikan sejak Senin (12/9) awal pekan ini. Selanjutnya mereka berkunjung ke Madrasah Istiqlal di Kompleks Masjid Istiqlal Jakarta.

Kunjungan tersebut didampingi oleh konsultan pendidikan Bahrul Hayat, Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi KSKK Madrasah Suwardi, serta Kasubdit Kelembagaan KSKK Madrasah Papay Supriatna.

Dalam kunjungan ke beberapa lembaga Pendidikan Islam tersebut, baik madrasah hinga pesantren, Dirjen Madarasai Bangsamoro mengakui jika timnya sangat terkesan dan banyak belajar.

“Kami sangat berharap bisa mengadopsi hal hebat yang diterapkan oleh sistem pendidikan Islam di Indonesia. Ke depannya, semoga kami bisa mengirim delegasi untuk belajar langsung di madrasah dan pesantren di Indonesia, agar langsung bisa diterapkan di madrasah kami,” kata Tahir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement