Rabu 28 Sep 2022 15:50 WIB

Menelusuri Sepenggal Sejarah Arab-Paris

Adakah yang masih tersisa dari hubungan di masa lalu itu?

Masjid Agung Paris

Sepenggal sejarah Arab-Paris, antara lain, dapat ditelusuri di sepanjang Rue Saint Jac ques, sebuah jalan di kawasan Latin Quarter, Paris. Di sana terdapat gereja kecil yang berdiri di tepi Sungai Seine, tepat di seberang Katedral Notre Dame.

Gereja itu dibangun pada abad ke-13. Bukan sekadar tempat beribadah, gereja juga tersohor dengan pertunjukan musiknya yang luar biasa. Jika dilihat sepintas, tak ada yang aneh dari Gereja Katholik Roma ini. Namun, jika di perhatikan lebih teliti, dinding Gereja St Julien ini dipenuhi lukisan keagamaan yang menampilkan kalimat-kalimat dalam bahasa Arab.

Jika berjalan sedikit menanjak ke arah Rue Des Carmes, akan ditemui St Ephrem, gereja bergaya Corinthian yang berdiri sejak 1925. Gereja kecil itu adalah rumah bagi umat Katolik Suriah di Prancis. Di gereja ini, bahasa Arab senantiasa digunakan saat beribadah maupun misa.

Hubungan Arab-Paris bukan hanya tersimpan di gereja-gereja di sudut kota cantik ini, melainkan juga di Masjid Agung Paris. Masjid yang terletak di kawasan Arisdisemen Ve ini didirikan setelah Perang Dunia I se bagai tanda terima kasih Prancis kepada serdadu Muslim yang saat itu turut mem ban tu melawan Jerman.

Masjid yang diresmikan oleh Presiden Gaston Doumergue pada 1926 ini mengusung gaya arsitektur khas Muslim Spanyol abad pertengahan. Saat ini, Masjid Agung Paris tidak hanya menjadi pusat ibadah bagi lebih dari empat juta Muslim di Prancis, tapi juga se bagai pusat Islam di Eropa.

"Ketika mereka membangun masjid, mereka mengambil unsur-unsur dari seluruh dunia Arab dengan harapan terwujud sebuah masjid yang ideal. Masjid ini memiliki mena ra, tetapi tidak ada kumandang azan dari menara itu. Itu tidak mungkin dilakukan di Latin Quarter," tulis Nancy Beth Jackson dalam artikelnya di laman aramcoworld.

 

 

sumber : Republika
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement