Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi bertemu dengan Presiden Uzbekistan 

Senin , 03 Oct 2022, 12:50 WIB Reporter :Ratna ajeng tejomukti/ Redaktur : Muhammad Hafil
Menteri Haji dan Umroh Saudi bertemu dengan Presiden Uzbekistan. Foto ilustrasi: Tawaf
Menteri Haji dan Umroh Saudi bertemu dengan Presiden Uzbekistan. Foto ilustrasi: Tawaf

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Menteri Haji dan Umroh Saudi Tawfiq Al Rabiah bertemu dengan Presiden Shavkat Mirziyoyev dari Uzbekistan di ibukota Tashkent.

 

Terkait

Melansir laman arabnews.com, selama kunjungan dua hari, menteri Saudi menyampaikan salam Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman kepada presiden, pemerintah Uzbekistan dan rakyat. Dia juga menyampaikan keinginan mereka terkait perkembangan lebih lanjut bagi Uzbekistan sehubungan dengan reformasi yang sedang berlangsung.

Baca Juga

Dia menekankan bahwa kunjungan tersebut merupakan perpanjangan dari hubungan sejarah antara kedua negara. Pertemuan tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan kerjasama di berbagai bidang, seperti haji dan umrah, yang mencerminkan upaya besar pimpinan dalam melayani Islam dan umat Islam dan memfasilitasi tata cara pelaksanaan haji dan umrah.

Menteri menambahkan bahwa musim haji tahun ini sekitar akan ada 12 ribu jamaah Uzbekistan setelah pihak berwenang meningkatkan jumlah jamaah menyusul menurunnya kasus pandemi Covid-19. Dia mencatat bahwa lebih dari 36 ribu orang dari Uzbekistan telah melakukan umrah selama dua bulan terakhir, yang sebagian besar berhasil mengunjungi Madinah dan shalat di Rawdah Al Sharifah serta berwisata ke tempat-tempat keagamaan dan sejarah di Madinah.

Kunjungan Al Rabiah termasuk mengadakan beberapa pertemuan dengan berbagai pejabat untuk membahas cara meningkatkan kerja sama dan mengembangkan hubungan istimewa antara kedua negara.

Layanan dan program haji dan umrah untuk jamaah Uzbekistan telah meningkat karena sekarang ditawarkan secara elektronik melalui platform Nusuk, dengan cepat mengeluarkan visa kunjungan dan umrah. Al Rabiah menunjukkan bahwa visa umrah telah diperpanjang dari satu hingga tiga bulan untuk semua jemaah umrah dari semua negara.

Menteri bertemu dengan beberapa pejabat Uzbekistan sebagai bagian dari peningkatan kerja sama antara kedua negara dan menekankan hubungan bilateral yang mengakar. Kedua pejabat juga meninjau upaya peningkatan kerja sama bilateral strategis untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada jemaah umrah Uzbekistan, selain pembahasan kemungkinan peningkatan kegiatan komite bersama di beberapa aspek, termasuk peningkatan jumlah penerbangan antara kedua negara.

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2173946/saudi-arabia

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini