Senin 03 Oct 2022 23:23 WIB

Masjid Kalan Pernah Dirusak Genghis Khan dan Uni Soviet

Berulang kali Masjid Kalan pernah direnovasi.

 Masjid Kalon di Bukhara.
Foto: madaniwallpaper.com
Masjid Kalon di Bukhara.

IHRAM.CO.ID, Masjid Kalan dibangun di atas tanah seluas 130 x 180 m2 oleh penguasa Karakhanid Arslan pada 1127. Tidak hanya difungsikan sebagai tempat ibadah, masjid ini juga diperuntukkan menjadi pusat ilmu pengetahuan.

Pernah berulang kali menjalani revonasi. Pernah direhab setelah dirusak oleh Genghis Khan.

Baca Juga

Perlu waktu 100 tahun untuk memulihkan aktivitas keagamaan di Masjid Kalan itu. Setelah dipugar, Masjid Kalan memiliki beberapa banyak fasilitas dari bangunan sebelumnya.

Salah satu bangunan yang berdiri pascarestorasi itu adalah pos jaga yang berbentuk persegi. Pos ini dihiasi dengan pernak-pernik yang terbuat dari keramik sehingga menambah kesan antik.

Selain memiliki fungsi sebagai pos penjagaan, tetapi pos ini merupakan simbol kewaspadaan Bukhara terhadap bangsa Mongol.

Beberapa abad kemudian, pernah direnovasi pada 1514. Akibat penegasian Uni Soviet terhadap entitas agama, maka pada masa Uni Soviet masjid ini diubah menjadi gudang dalam kondisi hancur.

Restorasi dimulai pada 1970-an setelah runtuhnya kekuasan Uni Soviet. Masjid ini benar-benar difungsikan kembali sebagai tempat ibadah umat Islam pada 1991. 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement