Selasa 11 Oct 2022 05:45 WIB

Masjid Tertua di Singapura akan Dipugar Kembali

Masjid Jamae Chulia, akan menjalani renovasi selama setahun.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko
Masjid Jamae Chulia salah satu masjid tua di Singapura akan direstorasi
Foto:

"Banyak dari muslim di sini telah berbagi dengan saya cerita tentang bagaimana anda tumbuh dengan masjid dan saya sangat berbesar hati bahwa anda bangga dalam melestarikan dan melindungi Masjid Jamae Chulia agar dapat terus dialami dan dimanfaatkan oleh generasi penerus kita. Komunitas muslim India telah memberikan kontribusi berharga untuk membangun komunitas kami yang sukses. Kami sepenuhnya mendukung upaya untuk mengangkat komunitas saat kami melakukan perjalanan ini bersama-sama,"ujar dia.

Masjid ini dibangun oleh migran Muslim Tamil India Selatan, di bawah bimbingan pelopor Chulia Anser Saib. Keluarga Chulia adalah migran awal dari Pantai Coromandel di India Selatan, dan sebagian besar adalah pedagang kecil dan penukar uang.

Proyek renovasi juga akan mendirikan konter layanan pelanggan di dekat pintu masuk utama untuk melayani wisatawan, karena masjid tersebut merupakan daya tarik populer di kawasan Chinatown.

Ini adalah di antara tiga bangunan warisan Islam di kawasan Chinatown, di samping Masjid Al abrar dan Nagore Darga.

Masjid Jamae Chulia ditempatkan di bawah tanggung jawab Dewan Agama Islam Singapura (Muis) pada tahun 1968, dan ditetapkan sebagai monumen nasional pada tahun 1974. Masjid ini diyakini sebagai yang tertua di antara lima masjid yang menjadi monumen.

Masjid lain yang menjadi monumen nasional di Singapura antara lain Masjid Sultan dan Masjid Hajjah Fatimah.

Perkiraan tiga juta dolar yang dibutuhkan untuk proyek ini akan dikumpulkan melalui pengumpulan online oleh komunitas dan proyek penggalangan dana lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement