Jumat 21 Oct 2022 21:40 WIB

Minaret Char Tampak Istimewa Saat Malam Hari

Minaret Char atau Charminar memang sangat kental dengan arsitektur Islam.

Rep: re/ Red: Agung Sasongko
Minaret Char di Hyderabad
Foto: wikipedia
Minaret Char di Hyderabad

IHRAM.CO.ID, Minaret Char atau Charminar memang sangat kental dengan arsitektur Islam. Bangunan yang bersejarah itu hingga kini masih berdiri kokoh dan megah. Minaret Char juga menampilkan keindahan yang luar biasa, apalagi ketika terlihat dari kejauhan. Bahkan, bangunan masjid atau monumen itu tampak makin spektakuler pada malam hari. Di hiasi lampu-lampu, Charminar makin memesona.

Charminar adalah monumen persegi  yang benar-benar indah dan mengesankan. Berbeda dengan Taj Mahal, empat menara Charminar menara bergalur dibangun menjadi struktur utama. Di dalam menara terdapat 149 tangga berliku yang bisa mengantarkan pengunjung ke puncak tertinggi. Pemandangan Kota Hyderabad pun bisa dinikmati dari atas menara itu. 

Baca Juga

Minater Char yang terletak di Kota Hyderabad, ibu kota negara bagi Andhra Pradesh, India, juga biasa disebut Charminar. Artinya, masjid dengan empat menara. Masjid yang juga monumen itu, terletak di tengah-tengah Kota Hyderabad.

Masjid yang juga monumen itu dibangun oleh Sultan Muhammad Quli Qutb Shah penguasa kelima Dinasti Qutb Shahi pada  1591. Dulu, wilayah tempat berdirinya Minaret Char itu bernama Golkonda dan sekarang dikenal dengan nama Hyderabad.

Bangunan yang megah dan indah itu dibangun oleh Sultan Muhammad Quli Qutb sebagai monumen untuk memperingati hilangnya sebuah wabah penyakit yang pernah menyerang kesultanan yang dipimpinnya. Ketika penyakit itu menyerang penduduk, sang sultan sempat berdoa kepada Allah SWT.

Di akhir doanya, sultan bernazar dan bersumpah untuk membangun masjid di tempat ia berdoa jika penyakit aneh yang menyerang penduduk di wilayah Kesultanan Qutb Shahi hilang.

 Janji untuk membangun masjid itu akhirnya diwujudkan Sultan Muhammad Quli Qutb pada 1591. Saat peletakan batu pertama Charminar, sang sultan sempat berdoa, Ya Allah, berikanlah kedamaian dan kemakmuran kepada kota ini. Biarlah jutaan orang dari semua kasta, kepercayaan, dan agama tinggal di kota ini, seperti ikan dalam air.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement