Selasa 25 Oct 2022 19:59 WIB

Karya Puluhan Seniman Arab Saudi Ramaikan Pameran Seni Plastik di Jeddah

Arab Saudi menggalakkan ekspo untuk karya seniman lokal

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Pameran plastik Arab Saudi yang meneghadirkan karya para seniman lokal.
Foto: Arab News
Pameran plastik Arab Saudi yang meneghadirkan karya para seniman lokal.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH – Lebih dari 90 seniman muda Arab Saudi dari berbagai latar belakang baru-baru ini memamerkan karya dan teknik mereka saat Pameran Seni Plastik di Jeddah. 

Acara yang berlangsung selama lima hari tersebut mengambil judul "Irama Warna-warni". Pameran dilaksanakan di Pusat Seni Rupa Saudi dan menampilkan lebih dari 200 karya seni. 

Baca Juga

Dilansir di Arab News, Senin (24/10/2022), kegiatan tersebut diresmikan Direktur Masyarakat Budaya dan Seni Arab Saudi Mohammed Al-Subaih, di hadapan sejumlah besar tokoh seni, intelektual dan diplomat. 

Diselenggarakan Golden Enamel Group, pameran ini merupakan salah satu pertemuan artistik terbesar tahun ini di Jeddah, dengan partisipasi 90 seniman pria dan wanita dari seluruh Kerajaan Arab Saudi. 

Al-Subaih dan tamu-tamunya menyempatkan berkeliling pameran dan mengungkapkan kekaguman mereka terhadap karya-karya yang mencerminkan kreativitas para seniman. 

Kurator pameran, Maher Al-Awlaqi, mengatakan pameran tersebut bertujuan untuk menampilkan beberapa karya terbaik seniman Arab Saudi di seluruh Kerajaan. 

“Para seniman menggunakan berbagai teknik dan tema untuk menciptakan seni yang luar biasa. Mereka ini berasal dari berbagai lapisan masyarakat, dari sekolah seni yang berbeda, dan memiliki cerita yang berbeda untuk dibagikan melalui karya seni mereka,” ujar Al-Awlaqi.

Tamu kehormatan dan mantan pembawa acara TV Saudi Abdulaziz Al-Eid mengatakan, pameran seni tersebut unik dan mengumpulkan banyak seniman. 

Dirinya juga sangat memuji pihak penyelenggara, atas upaya mereka dalam membawa puluhan nama di satu tempat dan menampilkan karya terbaik mereka, yang mencerminkan seni tingkat tinggi di Arab Saudi. 

Pelukis dan seniman terkenal Maha Al-Enezi, dengan karyanya yang berjudul “Harapan”, adalah salah satu dari 90 seniman yang ditampilkan dalam pameran tersebut. 

"Saya ingin berterima kasih kepada tim penyelenggara yang telah membantu kami menampilkan karya seni kami dalam pameran seperti ini," ucapnya. 

Dia pun merasa terhormat dapat menjadi bagian dari acara luar biasa tersebut. Lebih lanjuta, ia berharap yang terbaik untuk semua rekan senimannya di luar sana. 

Sementara itu peserta lainnya dari Asir, Sara Abdullah Al-Qarni, mengatakan dia sangat menyukai seni. Pameran ini merupakan kesempatan besar untuk menampilkan tradisi artistik bagian selatan Kerajaan, melalui karya abstraknya. 

"Saya senang dapat berpartisipasi dalam pameran terbesar dari jenisnya ini dan berbagi platform dengan campuran eklektik seniman yang menampilkan karya seni mereka yang unik," kata dia. 

Tak ketinggalan seniman bernama Saliha Al-Ahmari menyebut ia sangat menantikan hadirnya berbagai karya seni kreatif. Pihak penyelenggara telah memberikan platform yang luar biasa bagi semua seniman untuk menampilkan bakatnya. 

"Sungguh pameran ini memberi kita kesempatan untuk mengenal dan belajar dari beragam seniman," ujar Al-Ahmari.  

 

Sumber: arabnews  

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement