Senin 14 Nov 2022 21:23 WIB

Khaulah binti Azur, Sang Pemberani yang Misterius

Kehadiran pejuang misterius ini membangkitkan semangat tentara Islam

Khaulah binti Azur, berjuang membangu kaum Muslimin di medan perang,
Foto:

Khalid bin Walid yang memimpin tentara Islam pun tidak mengenalinya. Untuk menjawab rasa penasarannya, di tengah medan perang kuda Khalid diikuti pejuang yang lain diarahkan mendekati posisi Khaulah. “Demi Allah yang telah melindungi seorang pejuang yang berani membela agama-Nya dan menentang kaum musyrik. Tolong buka wajahmu,’’ teriak Khalid. Khaulah belum mau menjawab pertanyaan pim pinan perang karena masih banyak musuh yang harus dihadapi nya.

Khalid mengejar, lalu mengulangi pertanyaannya. Khaulah pun menjawab, “Aku Khaulah binti Azur. Aku melihat kakakku, Dhirara tertangkap. Aku datang untuk menolongnya, membebaskan kakakku yang berperang di jalan Allah.’’ Para pejuang Islam terkejut mengetahui pejuang misterius itu seorang perempuan.

Kehadiran Khaulah di medan perang andil memenangkan perjuangan tentara Islam. Tapi, bagaimana nasib kakaknya karena sampai akhir peperangan keberadannya belum diketahui. Teka-teki itu pun terjawab setelah Romawi mengajak damai. Dhirara ditawan di Homs karena telah membunuh anak raja dan banyak tentara Romawi.

Khaulah tidak mau tinggal diam. Ia memohon kepada pimpinan perang untuk bergabung membebas kan kakaknya. Khaulah pun kembali berlaga di medan perang dengan jubah serba tertutup. Gema takbir dan keyakinan kuat pertolongan Allah berhasil menyelamatkan Dhirara.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement