Rabu 16 Nov 2022 22:40 WIB

Kota Adana, Peradaban Maju di Sungai Seihan

Terletak di pinggir Sungai Seihan, Kota Adana menjadi wilayah yang subur.

Kota Adana Turki,
Foto: wikipedia
Kota Adana Turki,

IHRAM.CO.ID, Adana merupakan kota terbesar keempat di Turki. Kota itu adalah ibu kota Provinsi Adana, Turki Kota itu dikenal sebagai pusat pertanian dan perdagangan.

Terletak di pinggir Sungai Seihan, Kota Adana menjadi wilayah yang subur. Kota itu terletak sekitar 30 kilometer dari Laut Mediterania, tepatnya di selatan pusat Anatolia. Jumlah penduduk di provinsi itu mencapai 1,6 juta jiwa dan menjadikannya sebagai kota berpenduduk terbesar kelima di Turki.

Baca Juga

Menurut berbagai sumber, nama Adana berasal dari Uru Adaniya, sedangkan sumber lain menybutkan nama sungai itu berakar dari karakter Danaus yang legendaris, atau Danaoi, sebuah suku mitologi Yunani yang datang dari Mesir dan menetap di Kota Yunani Argos.

Dalam legenda Romawi-Yunani, nama kota di tepi sungai yang disebut dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim itu berasal dari  nama Adanus dan Sarus. Keduanya adalah anak Uranus yang datang ke dekat Sungai Seihan atau Sarus. Lalu, mereka membangun Kota Adana.

 

Menurut para arkeolog, Kota Adana telah dihuni sejak 3.000 tahun yang lalu. Wilayah yang berada di tepi Sungai Seihan itu telah dijadikan tempat menetap mulai Zaman Paleolitik Age. Kalangan arkeolog juga menemukan fakta bahwa di Zaman Neolitik, di wilayah itu sudah dibangun dinding batu dan pusat kota.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement