Selasa 22 Nov 2022 23:55 WIB

Asy-Syifa binti Abdillah al-Adawiyah Sang Guru Pertama

Asy-Syifa dikenal sebagai guru wanita pertama dalam Islam.

Ilustrasi Sahabat Perempuan Nabi - Muslimah
Foto: Pixabay
Ilustrasi Sahabat Perempuan Nabi - Muslimah

IHRAM.CO.ID, Asy-Syifa binti Abdillah al-Adawiyah dari suku Qu raisy al-Adawiyah. Perempuan luar biasa ini dikenal sebagai guru wanita pertama dalam Islam. Selain itu, ia juga memiliki kecerdasan dan keterampilan di bidang kedokteran, terutama dalam hal kejiwaan. Ia terkenal dengan pengobatan rukiahnya kala itu.

Ibu dari Sulaiman bin Abu Hutsmah ini memiliki kedudukan khusus di sisi Rasulullah disebabkan keimanannya yang kokoh pada Allah dan Rasulnya. Ia termasuk salah satu ang gota rombongan hijrah pertama dari Makkah ke Madinah. Karena itu, wajar jika kemudian Asy-Syifa memiliki kedudukan serta kedekatan dengan para istri Rasulullah.

Baca Juga

Asy-Syifa merupakan sedikit dari perempuan-perempuan Makkah yang pandai membaca dan menulis sebelum kedatangan Islam. Setelah masuk Islam, ia mengajari para Muslimah demi mendapat balasan pahala dari Allah. Sejak itulah, ia menjadi guru di zaman Rasulullah. Salah satu murid Asy-Syifa adalah Hafshah binti Umar bin Khattab, istri Rasulullah.

Asy-Syifa mengajari sang Ummul Mukminin baca tulis di rumahnya. Rasulullah bahkan meminta Asy-Syifa mengajari Hafshah cara merukiah penyakit eksim. Sebagaimana di-takhrij oleh Abu Dawud dengan sa nad dari Asy-Syifa, bahwasanya ia berkata, “Rasulullah datang ke pa daku ketika aku berada di rumah Haf shah. Beliau lalu berkata ke pa daku, ‘Tidakkah engkau mengajari dia (Hafshah) cara merukiah eksim sebagaimana engkau mengajarinya baca-tulis?’”

 

Pada masa Umar bin Khattab, Asy-Syifa memperoleh kepercayaan sang Khalifah untuk mengurusi masalah pasar. Atas kecerdasan Asy- Syifa, Umar kerap meminta pendapatnya.

Interaksinya dengan Nabi SAW membuatnya banyak belajar tentang agama dan keduniaan dan menja di kannya salah satu perawi hadis. Ia me riwayatkan beberapa hadis dari Nabi SAW, juga dari Khalifah Umar bin Khatab. Beberapa orang ikut me riwayatkan hadis yang berasal da rinya, seperti putra Sulaiman bin Abu Khaitsumah, kedua cucunya (Abu Bakar dan Utsman), Abu Ishaq, dan Hafshah Ummul Mukminin. Sementa ra, Abu Daud juga meriwayatkan ha dis yang berasal dari periwayatannya.

Selain mereka yang tampil sebagai pelopor di bidangnya, perempuan-pe rempuan luar biasa lainnya berperan melalui pendidikan hingga mela hirkan generasi Islam yang membanggakan. Ada Thumadir binti Amru ibn al-Syarid as-Salamiyah al-Madhriyah (al-Khunnasa) dan Lubabah bint al- Harits (Ummu al-Fadhl). Mereka adalah para ibu dan pendidik hebat yang berhasil melahirkan generasi pejuang dan pembela Islam.

Al-Khunnasa, yang merupakan saudara Muawiyah dan Shakr, adalah sosok ibu yang tegas dan gigih memperjuangkan Islam, serta selalu mendorong anak-anaknya pergi ke medan perang. Sedangkan Ummu al-Fadhl adalah sahabat wanita Rasulullah yang juga ibu dari seorang ulama besar dan ahli tafsir terkemuka, Abdullah bin ‘Abbas (Ibnu ‘Abbas). Ia adalah istri ‘Abbas bin Abdul Mu tha lib, paman Rasulullaah SAW.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement