Sabtu 26 Nov 2022 03:45 WIB

Berkuasa 93 Tahun, Ini Daftar Penguasa Dinasti al-Murabitun

Dinasti al-Murabitun memegang tampuk kekuasaan hampir sekitar 93 tahun lamanya.

Koubba Ba
Foto:

- Ali bin Yusuf

Ketika Yusuf bin Tasyfin meninggal dunia, ia mewariskan kekuasaannya kepada anaknya, Ali bin Yusuf bin Tasyfin. Warisan tersebut berupa satu wilayah kerajaan yang luas dan besar yang terdiri atas negeri-negeri di Maghrib, bagian Afrika, dan Spanyol. Ali memerintah dari tahun 500 H/1107 M hingga 537 H/1143 M.

Saat berkuasa, Ali melanjutkan kebijakan politik pendahulunya dan berhasil mengalahkan anak Alfonso VI pada tahun 1108. Selanjutnya, ia menyeberang ke Andalusia dan merampas Talavera de la Rein. Sementara seorang keponakannya, Mazdali, melakukan serangan ke Oreja dan Zorila, namun ia dapat dikalahkan, bahkan terbunuh di Mastava. Ali menyeberang ke Andalusia untuk ketiga kalinya pada tahun 511 H/1117 M. Kemudian, ia menyerang Lambra meskipun tidak berhasil menaklukkannya.

Masa pemerintahannya merupakan titik awal keruntuhan Dinasti al-Murabitun yang ditandai dengan terjadinya perang saudara di Cordoba. Kemudian, kekalahan yang dialami Ali dalam pertempuran yang terjadi di Cuhera tahun 522 H/1129 M. Selepas kekalahan itu, ia mengangkat anaknya, Tasyfin bin Ali, menjadi gubernur Granada dan Almeria. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan moral kaum al-Murabitun di samping untuk mempertahankan serangan dari Raja Alfonso VII. 

Tak hanya serangan dari pasukan Raja Alfonso VII, wilayah kekuasaan Dinasti al-Murabitun semasa pemerintahan Ali bin Yusuf juga mendapat serangan dari kelompok yang kemudian dikenal sebagai golongan al-Muwahiddun di bawah pimpinan Abdul Mukmin bin Ali. Ketika Ali bin Yusuf terbunuh pada tahun 537 H/1143 M, kekuasaannya beralih kepada putranya yang bernama Tasyfin bin Ali.

 

Masa kekuasaan Dinasti al-Murabitun akhirnya habis, setelah  pada 541 H//1146 M, benteng al-Murabitun di Kota al-Marakisy jatuh ke tangan Dinasti al-Muwahiddun. 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement