Senin 28 Nov 2022 14:55 WIB

Masjid Al-Umari Bushrah, Saksi Tumbangnya Romawi di Suriah

Masjid Al-Umari pertama kali dibangun pada era kepemimpinan Umar bin Khattab

Masjid Al-Umari Bushrah
Foto:

Kebanyakan tiang koridornya merupakan bentuk klasik dengan motif berbeda-beda di bagian atasnya, yang memperkuat konsep daur ulang pada proses pembangunannya. Tiang-tiang itu diperkirakan diambil dari bangunan teater Romawi yang berada tidak jauh dari lokasi masjid.Tiang-tiang itu berukuran pendek dan tidak biasa. Ketinggiannya tertolong oleh susunan batu yang membentuk tembok melengkung yang menghubungkan tiang-tiang tersebut.

Saat dilakukan penggalian pada jalan utama di sisi utara dan selatan masjid, tersingkap serangkaian lengkungan dari susunan bata yang masih dapat dilihat hingga sekarang. Lengkungan-lengkungan itu diperkirakan sebagai peninggalan sebuah kuil Romawi, dan Masjid Al-Umari dibangun di atas kuil kuno tersebut.

Di bagian interior masjid, tiang-tiang dan lengkungan dinding diatur sedemikian rupa untuk menopang atap dari asbes bergelombang yang menaungi ruangan utama. Atap tersebut dipasang di atas penyangga batu yang berjumlah dua buah di setiap sisi bangunan.  Dengan begitu, atap tidak langsung bersinggungan dengan dinding keempat sisi bangunan dan memberikan ruang lapang selebar hampir satu meter yang menjadi akses ventilasi serta cahaya dari luar.

Kombinasi antara tembok antarjendela yang rendah dan tiang yang tinggi, di mana lengkungan besar bertemu dengan lengkungan-lengkungan kecil di kedua sisinya, menjadi salah satu bagian dari desain masjid yang menarik. Di sebelah selatan dan utara koridor terdapat koridor dengan desain serupa namun memiliki lengkungan-lengkungan yang sedikit runcng serta tiang-tiang yang terbuat dari basal. 

 

Sayangnya, koridor di sebelah selatan menghalangi jendela-jendela yang ada di dinding bagian selatan. Sedangkan, koridor di sebelah utara telah runtuh dan hanya menyisakan puing. 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement