Arab Saudi Investasikan Rp 203 Triliun Kembangkan Wisata Hiburan

Jumat , 02 Dec 2022, 03:09 WIB Reporter :Fuji E Permana/ Redaktur : Ani Nursalikah
Salah satu wahana di Taman Hiburan Jeddah Pier, Arab Saudi. Arab Saudi Investasikan Rp 203 Triliun Kembangkan Wisata Hiburan
Salah satu wahana di Taman Hiburan Jeddah Pier, Arab Saudi. Arab Saudi Investasikan Rp 203 Triliun Kembangkan Wisata Hiburan

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Arab Saudi akan menginvestasikan lebih dari 13 miliar dolar AS (sekitar Rp 203 triliun) untuk mengembangkan 21 tujuan hiburan di seluruh Kerajaan. Hiburan yang dimaksud akan mencakup bioskop, trek bowling, trek gokar listrik, dan area selancar dalam ruangan.

 

Terkait

The Saudi Entertainment Ventures (Seven) yang sepenuhnya dimiliki oleh Dana Investasi Publik Saudi (PIF), telah mengumumkan pusat hiburan akan mencakup lebih dari 150 area hiburan di 14 kota di seluruh negeri. Pekerja konstruksi telah membuka tanah untuk distrik hiburan pertama, untuk Al-Hamra di Riyadh. Hal ini menurut laporan resmi Badan Pers Saudi (SPA) pada Selasa lalu.

Baca Juga

Tujuan Al-Hamra yang akan berlokasi di persimpangan jalan Ring Timur dengan King Abdullah Road akan menelan biaya 800 juta dolar AS dan akan membentang lebih dari 90 ribu meter persegi dan area konstruksi 167 ribu meter persegi. Tujuan hiburan akan mencakup roda tontonan dalam ruangan, area selancar dalam ruangan, lorong-lorong bowling yang mencakup 10 trek, area terbang udara dalam ruangan, trek electric karting, serta bioskop, restoran, kafe dan toko ritel bermerek dengan merek lokal dan global. Area ini diharapkan bisa melayani sekitar enam juta pengunjung setiap tahun.

Perincian dan lokasi 13 tujuan hiburan yang tersisa belum terungkap. Pengumuman datang di tengah pertumbuhan yang cepat di dalamnya sektor hiburan Saudi, dan upaya negara untuk mengkonsolidasikan posisi sektor ini. Ini sejalan dengan visi 2030 rencana untuk mendiversifikasi sumber pendapatan, menciptakan lapangan kerja, berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup warga dan penduduk, dan meningkatkan peringkat kota-kota Saudi di antara kota-kota terbaik secara global.

Seven mengatakan akan memperkenalkan konsep baru di dunia hiburan. Tujuannya akan menawarkan berbagai pengalaman termasuk berbagai atraksi hiburan, berbagai outlet makan lokal dan internasional dan banyak lagi, semuanya di bawah satu atap.

Ketua Abdullah Aldawood mengatakan, Seven mendefinisikan kembali masa depan hiburan di Arab Saudi melalui 21 tujuan hiburan.

"Kami di 14 kota dengan lebih dari 150 atraksi kelas dunia yang meningkatkan kualitas hidup bagi orang-orang Arab Saudi. Kami bermitra dengan memimpin merek hiburan dan akan terus melakukannya untuk mengembangkan tujuan hiburan tidak seperti yang lain," jelasnya, dilansir dari Al Arabiya, Kamis (1/12/2022).

"Lambang tujuan pertama kami di distrik al-Hamra di Riyadh adalah tonggak penting dan kami bersemangat untuk membawa pengalaman yang tidak tertandingi kepada orang-orang dan pengunjung Kerajaan Arab Saudi," ujarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini