Selasa 06 Dec 2022 17:32 WIB

Lebih Mudah dan Murah, Penonton Piala Dunia 2022 Manfaatkan Skema Umroh Saudi

Arab Saudi menawarkan visa umroh gratis kepada pemegang kartu Hayya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Umat Muslim melakukan Tawaf Perpisahan di sekitar Kabah di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, 11 Juli 2022. Lebih Mudah dan Murah, Penonton Piala Dunia 2022 Manfaatkan Skema Umroh Saudi
Foto:

Delapan jam kemudian, Abdullah tiba di Makkah. “Perjalanannya tidak mudah dengan anggaran terbatas, tetapi hasilnya luar biasa," ujarnya.

Ahashanuzzaman Shujan, warga negara Bangladesh, juga melakukan umroh selama tinggal di Qatar untuk Piala Dunia. Dia juga pergi ke Dubai dengan kartu Hayya miliknya.

"Saya membeli dua tiket untuk pertandingan sepak bola pada 28 November dan 2 Desember 2022. Jadi saya memiliki jeda tiga hari antara melakukan perjalanan ke Arab Saudi (melalui udara) dan melakukan umroh," katanya.

Dibutuhkan hingga dua jam dengan penerbangan dan 14 jam dengan jalan darat untuk sampai ke Arab Saudi dari Qatar. Biayanya hingga 2.400 dolar AS untuk melakukan umroh dari Bangladesh, menurut Shujan. Tapi dia hanya membayar 150 dolar AS untuk umroh, tidak termasuk tiket pesawat dari Doha ke Jeddah, yang kira-kira 200 dolar AS.

"Ini merupakan perjalanan yang tak terlupakan. Saya menyaksikan Piala Dunia, menonton pertandingan terbaik, dan berpindah dari satu negara Timur Tengah ke negara lain,” kata Shujan kepada TRT World.

“Tapi melakukan dolar dengan begitu mudah dan ramah anggaran adalah yang terbaik. Itu adalah kesempatan sekali seumur hidup," jelasnya.

Visa Hayya berlaku untuk memasuki kerajaan dan negara-negara GCC lainnya dari 11 November hingga 18 Desember 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement