Rabu 07 Dec 2022 21:21 WIB

Jejak Menara di Dunia Islam

Asal-usul menara sebagai sebuah bangunan arsitektural masjid memiliki banyak versi.

Menara masjid, ilustrasi

Dalam Ensikopedia Islam terbitan Ichtiar Baru Van Hoeve (IBVH) disebutkan, asal-usul menara sebagai sebuah bangunan arsitektural mungkin didasarkan pada satu ada campuran beragam sumber. Ada yang menyebutkan berasal dari menera api simbolis Zoroaster hingga menara pengawas Romawi, mercu suar pantai, hingga gereja.

Terlepas dari mana asal-muasalnya, Khalifah Al-Walid amat tertarik untuk mempertahankan kedua menara yang bertengger di basilika Santo Jhon itu. Bahkan, untuk mempertegas wibawa dan kemegahan Masjid Agung Damaskus itu, Al-Walid kemudian membangun lagi sebuah menara di sisi utara pelataran masjid -- tepat di atas Gerbang al-Firdaus. Menara itu pun biasa disebut Menara Utara Masjid Damaskus.

Setahun kemudian (706 M), Khalifah Al-Walid memutuskan memugar Masjid Nabawi di Madinah. Awalnya, masjid itu tak dilengkapi satu menara pun. Atas perintah Al-Walid, para arsitek mulai membangun menara masjid sebagai tempat muadzin untuk mengumandangkan adzan. Bentuk menara pada Masjid Nabawi dan menara utara Masjid Damaskus sangat mirip, terutama pada ornamen kubah puncak menara yang ramping.

Kala itu, menara masjid adalah sesuatu yang baru. Bentuk menara seperti menara Masjid Agung Damaskus terbilang cukup populer. Hingga 250 tahun kemudian, bentuk menara Masjid Nabawi dan Masjid Agung Damaskus masih menjadi model tipikal menara Masjid Al-Azhar yang dibangun oleh Dinasti Fatimiyah di Kairo.

Menara tunggal adalah menara yang paling umum dibangun. Namun, kerajaan Usmani dan Mogul kerap membagun menara kembar yang memiliki arti perlindungan raja. Bahkan, ada pula yang langsung membangun empat menara di samping masjid, sekaligus. Masjid Sultan Ahmad I di Istanbul malah dilengkapi enam minaret dan hanya selisih satu dengan Masjidil Haram di Makkah yang memiliki tujuh menara. 

Meski tak lagi menjadi tempat untuk mengumandangkan adzan, hampir setiap bangunan masjid besar di seluruh dunia dilengkapi menara. Menara telah menjadi simbol dan lambang keberadaan Islam. Namun, kini tak semua negara yang berpenduduk mayoritas Islam mengizinkan berdirinya menara masjid.

 

Kantor urusan masjid Kementrian Wakaf Mesir misalnya, telah mengumumkan untuk tak lagi mengeluarkan izin pembangunan menara bagi masjid baru. Alasan keputusan itu adalah untuk mengurangi pembiayaan pembangunan masjid.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement