Kemenag Brunei Temukan Tiga Produk Mengandung Bahan tak Halal

Senin , 26 Dec 2022, 08:24 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Ani Nursalikah
Ilustrasi Halal. Kemenag Brunei Temukan Tiga Produk Mengandung Bahan tak Halal
Ilustrasi Halal. Kemenag Brunei Temukan Tiga Produk Mengandung Bahan tak Halal

IHRAM.CO.ID, BANDAR SERI BEGAWAN -- Sebanyak tiga produk makanan dan minuman yang dijual supermarket di Brunei Darussalam ditemukan mengandung bahan-bahan yang tidak halal. Hal ini disampaikan oleh Kementerian Agama Brunei Darussalam. 

 

Terkait

 

Baca Juga

Seperti dilansir Borneo Bulletin pada Senin (26/12/2022) produk-produk yang ditemukan mengandung bahan-bahan tak halal itu di antaranya adalah Saus Cabai Bluberi dari perusahaan Blushing Blueberry yang ditemukan mengandung cuka anggur putih. Selain itu Balsamic dan Roasted Garlic Vinaigrette dari Praise yang mengandung cuka anggur dan cokelat Praline dari Excelcium Tradition yang mengandung amaretto.

Temuan itu didapat setelah dilakukan pemeriksaan oleh Departemen Syariah melalui Divisi Pengawasan Pangan Halal Kemenag Brunei menyusul adanya pengaduan masyarakat berdasarkan informasi yang tertera pada kemasan. Untuk melindungi umat Islam, Departemen Urusan Syariah telah memerintahkan tempat yang menjual segera memindahkan produk ke bagian non-halal.

 

Importir, supermarket, dan toko disarankan segera mengisolasi produk tersebut jika dijual di tempat mereka. Kemenag Brunei mengimbau pemilik, pengelola, pengecer, pemasok, dan importir produk ke dalam negeri untuk mengambil langkah-langkah guna memastikan produk non halal yang diimpor dari luar negeri tidak tercampur dengan produk halal. Mereka yang ingin mengajukan keluhan atau berbagi informasi tentang penjualan produk non-halal secara terbuka di tempat usaha dapat menghubungi Departemen Urusan Syariah melalui Divisi Food Control Halal.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini