Senin 26 Dec 2022 10:23 WIB

Masjidil Haram Makkah Luncurkan Pelajaran dalam Bahasa China

Pelajaran agama Islam sekarang tersedia dalam 14 bahasa.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi secara resmi memperkenalkan robot pemandu untuk membantu jamaah dan menjawab pertanyaan mereka dalam 11 bahasa. Masjidil Haram Makkah Luncurkan Pelajaran dalam Bahasa China
Foto: About Islam
Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi secara resmi memperkenalkan robot pemandu untuk membantu jamaah dan menjawab pertanyaan mereka dalam 11 bahasa. Masjidil Haram Makkah Luncurkan Pelajaran dalam Bahasa China

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Masjidil Haram belum lama ini meluncurkan pelajaran agama Islam dalam bahasa China. Departemen penerjemahan Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci telah mengawasi penerjemahan tersebut.

Dilansir di Arab News, Senin (26/12/2022), Direktur Departemen Penerjemahan, Saleh Al-Rashedi, mengatakan pelajaran agama Islam sekarang tersedia dalam 14 bahasa. Tujuan dari proyek ini adalah untuk membantu penutur non-Arab yang menghadiri kelas-kelas tersebut di Masjidil Haram.

Baca Juga

Al-Rashedi mengatakan bahasa lain yang tersedia adalah Inggris, Urdu, Prancis, Hausa, Turki, Melayu, Indonesia, Tamil, Hindi, Bengali, Persia, Rusia, dan Borneo. Setiap bulannya, lebih dari 7.000 orang menggunakan layanan tersebut, baik melalui terjemahan pelajaran secara simultan atau melalui kutipan yang dipublikasikan di media sosial oleh kepresidenan umum.

Sementara itu, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi baru-baru ini meluncurkan film pendek berjudul The Journey of a Lifetime. Video ini dimaksudkan mengedukasi jamaah haji tentang manasik acara tahunan tersebut.

 

Proyek tersebut dilaksanakan di bawah naungan Menteri Haji dan Umrah Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah. Nantinya akan diputar dalam sembilan bahasa, yaitu Arab, Inggris, Urdu, Prancis, Bengali, Farsi, Hausa, Indonesia, dan Turki. Karya tersebut difilmkan di lebih dari 14 lokasi dalam tujuh minggu dengan lebih dari 800 aktor.

Nantinya, film tersebut juga akan ditampilkan oleh maskapai Saudia pada sistem hiburan penerbangannya. Wakil Menteri Layanan Haji Saudi Hisham Saeed menyebut hal ini merupakan bagian dari kesepakatan antara maskapai dan Otoritas Umum Awqaf.

Dia mengatakan isi film tersebut berfokus pada semua ritual yang dilakukan para peziarah sejak mereka meninggalkan rumah. “Selain itu, saluran Haji dan Umrah memberikan fitur tambahan, antara lain Program Panduan Edukasi Haji dan Umrah, yang mencakup 13 panduan yang diluncurkan tahun lalu," lanjut dia.

Panduan itu memberikan pedoman pendidikan tentang manasik haji dan umroh, mengenakan ihram, serta tempat-tempat arkeologi dan bersejarah di Kerajaan. Sementara pemandu lain akan menjelaskan seputar bagaimana menghabiskan satu hari di Mina dan larangan selama haji.

Film tersebut juga disebut akan menawarkan panduan jamaah tentang ritual wajib, acara dan lokasi, termasuk Hari Arafah, Idul Adha, hari-hari Tashreeq, daerah padat, jam buka Jembatan Jamarat, serta beberapa situs Islam. Proyek pengembangan yang sedang berlangsung, waktu penerbangan dan jadwal Kereta Ekspres Al-Haramain, yang menghubungkan Makkah, Madinah dan Jeddah juga menjadi informasi lain yang tercantum di dalamnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement