Jumat 30 Dec 2022 03:35 WIB

UEA Dorong Warga Negara Cari Pekerjaan di Sektor Swasta

Pekerja asing mengisi sebagian besar pekerjaan di sektor swasta UEA.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Bendera Uni Emirat Arab (UEA) berkibar di Dubai Marina, Dubai, UEA. UEA Dorong Warga Negara Cari Pekerjaan di Sektor Swasta
Foto:

Ketidakpuasan UEA

Pusat Regional Teratas untuk Perusahaan Multinasional menempati peringkat di antara 10 negara terkaya di dunia pada tahun 2020, menurut PBB. Pada tahun 2022, ia membanggakan PDB per kapita lebih dari 47 ribu, lebih tinggi dari Inggris dan Prancis, menurut Dana Moneter Internasional. 

Ini menjadikannya salah satu tingkat pengangguran terendah di Timur Tengah, tetapi data pengangguran nasional di antara warga Emirat tidak tersedia untuk umum. Di pusat keuangan UEA Dubai, pengangguran Emirat naik dari 2,5 persen pada 2012 menjadi 4,2 persen pada 2019, menurut Pusat Statistik Dubai. 

Mira Al Hussein, seorang peneliti Emirat di Universitas Oxford, mengatakan "ketidakpuasan" telah muncul, terutama setelah undang-undang yang membatasi kepemilikan asing atas perusahaan sebesar 49 persen dihapuskan tahun lalu. 

"Di masa lalu, warga Emirat yang tidak tertarik bergabung dengan sektor swasta memiliki pilihan untuk menunggu pekerjaan sektor publik, memulai bisnis sendiri, atau menjadi mitra lokal 51 persen dalam bisnis," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement